Langkah UIN Suka Menuju World Class University

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. memberi sambutan pada acara pengukuhan guru besar

Di usia Ke-65 merupakan momentum UIN Sunan Kalijaga untuk bersyukur sekaligus berefleksi. Dengan mengusung tema ‘Membangun Solidaritas, Integritas, dan Profesionalitas Menuju World Class University dalam Islamic Studies.’ Kegiatan Dies Natalis dilaksanakan di Multipurpose UIN Sunan Kalijaga, Senin (26/9).

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. mengatakan, sebagai elemen penguat bangsa dan negara, UIN Sunan Kalijaga akan selalu hadir di tengah-tengah bangsa Indonesia. Institusi ini akan turut serta berkiprah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “ Selama UIN itu ada negara akan tidak runtuh” kata Yudian.

UIN Sunan Kalijaga ke depan menghadapi tugas dan tantangan yang semakin berat. Paham keagamaan yang bersifat eksklusifis, literalis bahkan terorisme. Menyiapkan lulusan yang berdaya saing global untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan pasar besas ASEAN (AFTA).

Yudian menambahkan, untuk menjawab semua tantangan di atas, dalam jangka panjang, seluruh kebijakan, strategi, program dan kegiatan akan kita arahkan pada terwujudnya Perguruan Tinggi Taraf Dunia bidang Studi Keislaman atau World Class University of Islamic Studies.

Beberapa modal UIN Sunan Kalijaga untuk mencapai impiannya itu adalah akreditasi institusi mendapatkan peringkat A dalam Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), memiliki sertifikat ISO 9001-2008 dari TUV Rheinland Jerman, sebagai anggota ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA)

Lebih lanjut Yudian mengatakan hingga saat ini, UIN Sunan Kalijaga telah memiliki 35 guru besar aktif (salah satunya Prof. Dr. H. Makhrus, S.H., M.Hum. yang hari ini menyampaikan Pidato Pengukuhan). Selain itu, membuka International Postdoctoral Program dan menghidupkan jurnal internasional di setiap fakultas sebagai penguatan sumber daya manusia. “Dengan modal semua itu, kita siap melangkah menuju World Class University khususnya dalam bidang Islamic Studies” tutur Yudian.