Kuliah Umum Mahasiswa Sastra Inggris UIN Sunan Kalijaga

Kesempatan emas bagi Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta mendapat materi kuliah umum oleh Prof. Robert B. Leflar, Ph.D. pengajar di Fakultas Hukum University of Arkansas di Amerika Serikat. Kegiatan yang berlangsung di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, Selasa (27/9).

Dekan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, Prof. Dr. Alwan Khoiri, M.A.. mengatakan agar kiranya kunjungan Prof. Robert B. Leflar ke Indonesia, khususnya ke UIN Sunan Kalijaga bukan untuk pertama dan terakhir kali, tetapi dapat berlanjut pada kesempatan-kesempatan mendatang. "Saya berharap agar terjalin MoU antara University of Arkansas USA dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk menuju World Class University bagi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta" tutur saat membuka kuliah umum Alwan Khoiri.

Dapat dikatakan bahwa bahasan mengenai Amerika dalam berbagai pandangan, mulai dari pendidikan, politik maupun hukum memang masih jarang menjadi topik pada kuliah umum. Kesempatan ini sangat penting bagi para mahasiswa terutama Program Studi Sastra Inggris dengan pembicara yang tepat seperti Prof. Robert B. Leflar, Ph.D.

Terkait dengan Pendidikan Tinggi di Amerika, Prof. Robert menjelaskan bahwa saat seorang mahasiswa yang ingin menjadi Pengacara, Dokter atau semacamnya, mereka tidak harus memilih jurusan yang berhubungan dengan apa yang mereka inginkan. Melainkan mereka dapat memilih jurusan yang bersifat umum. “Hal ini bertujuan agar mahasiswa tersebut mendapat pandangan yang luas mengenai pengetahuan umum, tidak hanya sekedar mengenai jurusan tertentu” kata Prof Robert.

Prof. Robert menambahkan, mengenai politik dan hukum di Amerika, yang mana saat ini tengah ada pemilihan presiden Amerika. Ada dua kandidat yang akan menjadi calon presiden di Amerika adalah Hillary Clinton dan Donald Trumps. Beberapa hal mengenai kebijakan luar negeri yang akan di terapkan oleh masing – masing kandidat memang sangat berbeda dan beberapa diantara nya menuai pro dan kontra dari berbagai pihak.

Kaprodi Sastra Inggris, Dr. Ubaidillah, M.Hum. menuturkan diharapkan dengan adanya kuliah umum mengenai Amerika oleh Prof. Robert B. Leflar akan memberi saluran baru dalam dunia pendidikan, hukum maupun politik kepada para mahasiswa Program Studi Sastra Inggris UIN Sunan Kalijaga.

“ Pada kesempatan kali ini pun, para mahasiswa memberi beberapa pertanyaan mengenai Amerika oleh Prof. Leflar dan beberapa pertanyaan pun memiliki bobot yang lumayan. Ini menandai bahwa minat mahasiswa mengenai isu terkini di Amerika menjadi daya tarik tersendiri dalam bidang tertentu” tutur Ubaidillah.(ch/humas)