UIN Selenggarakan Pelatihan Jurnalistik Bagi Karyawan

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar pelatihan jurnalistik untuk para karyawan dan dosen, Kamis dan Jumat (8-9/12/2016) kemarin. Pelatihan ini menghadirkan para praktisi media massa, baik dari media cetak dan elektronik di Yogyakarta sebagai narasumber. Kegiatan yang digelar di ruang sidang lantai I Gedung PAU ini dibuka langsung oleh Kepala Biro AUK, Handarlin H Umar.

Dalam sambutannya, Handarlin berharap para karyawan bisa menyerap materi yang disampaikan narasumber lalu mempraktikannya. Sehingga nantinya karyawan bisa menulis untuk berbagai media publikasi yang dimiliki UIN Kalijaga atau dikirimkan ke media massa di Yogyakarta. "Di kampus kita ini banyak kegiatan yang seharusnya bisa dipublikasikan. Apalagi saat ini adalah era serba digital, harusnya itu bisa dimanfaatkan," kata Handarlin.

Menurutnya, masuknya era digital membuat para karyawan mau tak mau harus melek teknologi. Sehingga pola publikasi yang selama ini hanya menggunakan cetak harus mulai dipikirkan untuk bergeser munggunakan website dan media sosial.

Narasumber yang mengisi pelatihan dalam kegiatan ini antara lain dari Tribun Jogja dan Kepala Penyiaran TVRI Jogja Moch Arif Misigianto , SPT, M.Si

Selain teknik dasar menulis berita dan teknik fotografi jurnalistik, para peserta juga diajak belajar teknik mengelola website dan berbagai media sosial untuk keperluan publikasi kegiatan kampus. Sedangkan untuk menambah wawasan lain, peserta juga mendapatkan ilmu tentang video untuk jurnalistik dalam materi Mengenal Jurnalistik Televisi. (ch/humas UIN Suka)