Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga akan Menggelar Seminar Digital Marketing Bersama Situs Booking Hotel Traveloka

Kemajuan teknologi secara tidak langsung telah memudahkan berbagai aktivitas di setiap sendi kehidupan. Munculnya berbagai platform online pun membuat segala kepentingan seakan dapat diraih dalam genggaman melalui smartphone maupun gadget lainnya. Keberhasilan penerapan sistem online telah terbukti membuat aktifitas penggunanya lebih praktis dan tidak melelahkan. Salah satu keberhasilan penerapan bisnis online adalah Traveloka. Traveloka merupakan situs bisnis yang menfokuskan pada pemasaran travel.

Agen travel online yang satu ini membuat siapa pun tidak perlu kerepotan mencari kebutuhan utama untuk bepergian. Mulai dari tiket pesawat hingga pemesanan kamar hotel dapat dilakukan melalui situs ini. Tidak hanya lengkap, pemesanan melalui Traveloka pun sangat mudah.

Perusahaan online yang sudah dikelola kurang lebih 4 tahun sejak berdiri tahun 2012 ini, sudah merasakan hasil yang luar biasa. Hampir sebagian besar orang pun mengenal Traveloka. Selain kelengkapan dan kemudahan pemesanannya, Traveloka menjadi begitu tersohor karena penerapan harga jujur yang diusungnya. Jadi, harga yang tercantum di nota pembelian tidak akan ditambahi biaya lain-lainnya. Bahkan dibandingkan harga produk serupa di agen travel lainnya, harga di Traveloka cenderung ‘lebih miring’.

Terinspirasi keberhasilan bisnis online Traveloka, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga bekerja sama dengan situs booking hotel Traveloka.com akan menyelenggarakan seminar mengenai digital marketing (Traveloka Digital Marketing Seminar). Forum ini akan digelar di Ruang Teatrikal Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Kamis, 22 Desember 2016, Pukul 13:00 - 15:00 WIB.

Forun ini akan menghadirkan pembicara, Digital Marketing Strategist dari Traveloka, Indra Sinatra, yang akan berbagi tentang tips digital marketing dasar untuk blog.

Forum ini dibuka untuk para mahasiswa dan masyarakat umum di Yogyakarta dengan gratis. Tersedia snack, merchandise, dan certificate untuk 75 peserta pertama. Selama acara berlangsung, Traveloka juga akan membagikan door prize khusus bagi peserta yang beruntung.

Menurut Ferry Unardi (penggagas Traveloka), saat ini Traveloka telah menyediakan lebih dari 100.000 rute pesawat ke berbagai tujuan yang siap mengantarkan siapa pun ke destinasi impiannya. Rute tersebut pun sangat variatif, mulai dari yang menuju ke pelosok Nusantara hingga ke berbagai kawasan di Eropa. Ferry Unardi mendirikan Traveloka bersama kedua rekannya, yakni Derianto Kusuma dan Albert.

Kelengkapan rute yang hadir di Traveloka tak lain didapat dari kerja sama dengan berbagai maskapai ternama. Tercatat per 2016 ini, Traveloka telah menjalin kerja sama dengan 70 maskapai dari berbagai segmen, mulai dari yang premium hingga penerbangan murah.

Selain travel ada juga produk reservasi kamar hotel yang dirilis Juli 2014. Mengenai kelengkapannya, produk yang satu ini pun tidak kalah dengan produk tiket pesawat. Data Traveloka menunjukkan, tersedia sekitar 100.000 pilihan penginapan bagi setiap orang yang hendak memesan kamar hotel melalui agen travelonline ini. Lokasi hotel yang dihadirkan antara lain di kawasan Indonesia, berbagai kawasan Asia hingga Eropa dan Amerika.

Produk – produk yang ditawarkan Traveloka ternyata telah memberi kemudahan masyarakat ketika akan bepergian. Tidak perlu pusing akan tempat bermalam setiba di daerah tujuan, karena semuanya sudah bisa dipesan sesuai keinginan melalui gadget dalam genggaman. Khususnya untuk pilihan hotel di Asia Tenggara, pilihan hotelnya di Traveloka sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Pesatnya perkembangan bisnis Traveloka didukung East Venture yang menjadi investor pertama platform online ini. Kemudian, berbagai investor ternama pun ikut menanamkan modalnya di Traveloka, seperti Global Founder Capital.

Dengan kapasitasnya sebagai agen travel online terbesar dan terlengkap di Indonesia, tidak mengherankan jika banyak penghargaan yang diperoleh perusahaan ini. Setidaknya, pada tahun ini saja, Traveloka meraih enam penghargaan, terkait The Best App in 2015, Top Most 50 Most Valuable Indonesia Brands 2016, dan Top Brand Awards 2016.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga, Dr. Murtono berharap, forum ini nantinya bisa menginspirasi banyak orang untuk melakukan inovasi-inovasi dalam bisnis online. Yang pada gilirannya akan semakin banyak melahirkan bisnis online dalam berbagai bidang dan bisa mengatasi masalah pengangguran di negeri ini. Bagi yang ingin berpartisipasi dalam agenda seminar ini, silakan menghubungi Devara (Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga – HP 085643756855, untuk daftar bisa link ke s.id/cEw (Weni Hidayati-Humas Saintek).

Berita Terkait