Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Belajar Bisnis Online Bersama Traveloka

Para mahasiswa Prodi Teknik Informatika belajar merintis bisnis online bersama Traveloka. Forum latihan bisnis ini diselenggarakan dalam bentuk workshop, bertempat di ruang teatrikal, kampus Fakultas Sains dan teknologi, UIN Sunan Kalijaga, Kamis, 22/12/16. Forum ini berlangsung setelah sebelumnya dilakukan penandatangan kesepekatan antara Dekan Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Murtono, M.Si., dengan Manager Pemasaran Digital Traveloka, Hari Afriandi. Kesepakatan ini dilakukan agar melalui pelatihan ini kedua belah pihak bisa memperoleh pemanfaatan secara adil. Sementara Narasumber dari Traveloka adalah Digital Marketing Strategist dari Traveloka, Indra Sinatra.

Dr. Murtono dalam sambutan selesai penandatanganan kesepakatan bersama ini antara lain menyampaikan, melalui forum ini para mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi akan mendapatkan pengalaman baru tentang stategi bisnis online. Banyak orang yang mengawali bisnis onlinenya dari permasalahan kehidupan yang dialami. Seperti bagaimana susahnya mencari transportasi yang cepat dan praktis yang menginspirasi bisnis online Gojek, bagaimana mendapatkan tiket pesawat dan booking hotel kemanapun bepergian dengan gampang dan cepat. Yang kemudian menginspirasi bisnis online Traveloka. Masukan-masukan dunia praktis dari Traveloka tentunya akan mempermudah para mahasiswa untuk mengembangakn keilmuan teknik informatika yang diperolehnya dari perkuliahan. Para peserta forum ini juga akan memperoleh sertifikat dan cinderamata dari Traveloka sebagai ikatan silaturahmi tentunya.

Di sisi lain, melalui kesepakatan bersama ini, ke depan akan memudahkan Fakultas Sains dan Teknologi dengan Traveloka dalam memadukan pengalaman dunia praktis TI dengan pemahanan akademik bidang TI agar bisa semakin banyak memberikan pembelajaran kepada masyarakat Indonesia. Jika semakin luas masyarakat Indonesia yang memanfaatkan perkembangan TI menjadi ladang bisnis yang bisa mempermudah kehidupan masyarakat itu sendiri, tentunya akan semakin meminimalisir dampak negatif perkembangan TI, kata Dr. Murtono.

Sementara itu, Indra Sinatra dalam presentasinya antara lain memaparkan, tenang strategi pemasaran digital melalui Search Engine Optimization (SEO). Dijelaskan, SEO adalah teknik membuat situs atau blog berada pada halaman/pisisi 1 pada mesin pencarian (search angine). Seperti Google, Bng atau Yahoo, dengan kata kunci yang ditarget. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari teknik SEO yang bisa menempatkan situs atau blog pada halaman 1. Diantaranya,- Mendatangkan traffic yang banyak. -Meningkatkan penjualan jika situs dipakai untuk bisnis. Seperti misalnya lazada.co.id yang menjual aneka elektronik. Karena Search Engine dengan kata kuncinya bisa menempatkan di halaman 1, maka lazada bisa menjadi pilihan 1 saat orang mencari elektronik. –Meningkatkan daya saing. Melalui SEO posisi situs menjadi lebih tinggi dari yang lain, maka secara otomatis daya saingnya pun akan lebih tinggi.

Dijelaskan, agar memperoleh keberhasilan bisnis online, pembuat situs harus melakukan serangkaian upaya (SEO), untuk meningkatkan visibilitas dngan menempatkan website pada halaman 1 melalui mesin pencari. Dengan menempati ranking atas pada halaman 1 tentunya akan berpeluang mendapatkan lebih banyak visitor potensial dengan gratis. Pemanfaatan SEO dengan kata kunci yang pas, akan memperoleh pengunjung potensial yang semakin besar. Pengunjung potensial ini kemungkinan besar akan menjadi customer bisnis yang pasti. Sementara trafik yang paling mungkin memberikan keuntungan bagi bisnis online adalah google. Para pengguna google yang menggunakan kata kunci unik terbukti paling banyak meraih pengunjung potensial. Mereka akan terus menerus klik yang akhirnya memutuskan untuk membeli produk.

Manfaat SEO yang lain, membantu calon customer mengingat merek bisnis karena berada di halaman 1. Kalau merek bisnis sudah dikenal banyak calon customer, maka akan menjadi pilihan ketika calon customer memutuskan untuk membeli. SEO juga mempermudah mendapatkan data customer.

Indra Sinatra juga memberikan tips bagaimana membuka blog yang potensial. Menurutnya, langkah pertama adalah membuat pesan-pesan/informasi yang berkualitas yang dibutuhkan masyarakat. Menjadikan situs/blog sebagai media yang informatif. Ciptakan kata kunci yang pas, agar SEO menempatkan pada halaman 1 pada google search. Jika sudah memperoleh pengunjung potensial yang semakin banyak baru diarahkan untuk media bisnis. Para pemasang iklan akan melirik dan terbuka peluang untuk menjual produk-produk, demikian jelas Indra Sinatra (Weni Hidayati-Humas Saintek).