Ikasuka Jawa Timur Gelar Silaturahmi dan Musyawarah Daerah

Ikatan Alumni IAIN/UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Ikasuka) Jawa Timur dari berbagai generasi mulai angkatan 1960, 1970, 1980, 1990 hingga era 2000 mengadakan silaturahmi dan Musyawarah Daerah (Musyda). Para alumni datang dari bebagai kabupaten / kota di Jawa Timur dan berkumpul di Plaza Unipdu Jombang, Minggu (26/3) kemarin.

“ Kami sangat berterimakasih dan bersyukur acara ini dapat berjalan lancar. Ini berkat kekompakan dan dukungan para alumni UIN Sunan Kalijaga di Jawa Timur. Alhamdulillah sekiar 111 alumni yang mengkonfirmasi kehadirannya pada musyda kali ini” ujar abdul basith sebagai ketua panitia.

Ia menambahkan musyda Ikasuka Jatim ini menyongsong Musyawaroh Nasional (Munas) Ikasuka di Yogyakarta pada 5-7 Mei 2017 mendatang. Diharapkan hasil musyda ini nanti dapat memberi manfaat bagi almamater, semua alumni serta bangsa dan negara Indonesia.

Sementara itu, Dr. Abdul Rozaqi, Sekretaris Umum Ikasuka menyampaikan kekagumannya terhadap kekompakan dan kesolidan para alumni UIN Sunan Kalijaga di Jawa Timur. “Ini merupakan awal yang menggembirakan dan menjadi teladan bagi para junior,” jelasnya.

Pihaknya mengibaratkan Ikasuka ini sebagai rumah budaya. “ Rumah budaya ini tempat di mana para alumni membangun ikatan-ikatan pada masa lalu untuk diawetkan di masa depan, sehingga memberi ketenangan batin bagi kita semua.” Ucapnya. Deklarasi Ikasuka ini sangat penting bagi alumni, mengingat mereka dibesarkan tradisi UIN Sunan Kalijaga yang sangat mencintai silaturahim. Semakin berprestasi UIN Sunan Kalijaga dan semakin besar Ikasuka, para alumni pun semakin bangga.

Tak hanya itu, Ikasuka diharapkan dapat berperan membangun dan memperkuat ikatan antar alumni. “Terutama dengan adik-adik UIN Sunan Kalijaga yang masih studi lanjut. Bila ada yang diberkahi berupa rezeki berupa jaringan, dana maupun pengetahuan, dapat ditransformasikan ke adik-adik yang studi lanjut baik dalam bentuk seperti seminar, beasiswa,” tandasnya.

Sehingga jejaring alumni UIN Sunan Kalijaga ini dapat membawa berkah. Sebab institusi yang kuat dan berkembang merupakan sebuah kebanggaan jika alumni yang ngopeni institusi atau sebaliknya. Ia juga berharap agar seluruh alumni Ikasuka dapat hadir dalam Musyawarah nasional yang diselenggarakan pada 5-7 mei 2017 di Yogyakarta nanti.(Roz-chabib/humas)