Diskusi Buku “Islam Tuhan Islam Manusia”

Diskusi ilmiah menjadi kegiatan rutin di lingkungan kampus untuk meningkatkan keilmuan mahasiswa. Dalam hal ini, Lab Studi al-Qur’an dan Hadis (LSQH) fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga bekerjasama dengan Penerbit Mizan Wacana menyelenggarakan diskusi buku “Islam Tuhan Islam Manusia” di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, Jum’at(7/4).

Pada diskusi tersebut hadir sebagai narasumber sekaligus penulis buku “Islam Tuhan Islam Manusia” yaitu Dr. Haidar Bagir (Pendiri Gerakan Islam Cinta) dan moderator Muhammad mansur, M.Ag (Dosen Ilmu Alquran dan Hadis). Para peserta dari mahasiswa dalam mengikuti sangat antusias dengan mengajukan beberapa pertanyaan kepada narasumber.

Haidar Bagir menjelaskan buku ini membahas tentang Islam manusia, yang diupayakan bisa mendekati Islam Tuhan, sambil mengajak menjadikan Islam ini benar-benar menjadi rahmat bagi semesta alam. “ Dalam karya ini terdapat lima bagian, yang terkonsep menjadi satu untuk memahami Islam secara benar” tutur Haidar pendiri Penerbit Mizan.

Haidar menambahkan Islam datang dari Tuhan. Tapi yang sampai kepada kita selalu Islam manusia.Yaitu, Islam yang ditafsir oleh manusia, dan tafsir selalu bisa benar, bisa salah. Sejalan dengan itu, tafsir bisa beragam, tergantung banyak hal. Bahkan mungkin saja ada lebih dari 1 tafsir yg benar. Tergantung konteks & sudut pandang. Konsekuensinya, tak boleh ada yg monopoli kebenaran.

“ Tuhan menyebut Islam rahmat bagi semesta alam. Sebagai agama manusia, orientasi keberagamaan seharusnya adalah membahagiakan manusia. Karenanya, aneh jika ada orang beragama yang menyusahkan manusia dengan alasan untuk menyenangkan Tuhan. Harusnya kita sadar, kita akan jadi pengikut agama yang baik jika benar-benar bisa jadi Khalifah-Nya, menebarkan kasih-sayang kepada semesta alam” kata Haidar. (Chabib/humas)