Asikopti Selenggarakan Workshop Pengelolaan Jurnal OJS

Yogyakarta--Asosiasi Prodi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Islam (Asikopti) akan menyelenggarakan Workshop Pengelolaan jurnal OJS dan Seminar Nasional Penulisan Jurnal Ilmiah Internasional, Kamis (18/5), di Hotel Grand Mercure Yogyakarta.
Agenda ini dilaksanakan bekerja sama dengan Prodi Ilmu Komunikasi Fishum UIN Sunan Kalijaga. Narasumber yang bakal mengisi workshop dan seminar itu adalah Dr Zainal Abidin Bagir dari UGM, Ketua Jurnal Aspikom dan Ketua APJIKI, Dr Puji Lestari, Dr M Nur Ichwan dari UIN Sunan Kalijaga serta Pengelola OJS Aspikom dan Jurnal Asikopti, Rama Kertamukti M.Sn.

Ketua Umum Asikopti, Drs. H. Bono setyo, M.Si menuturkan tujuan kegiatan itu adalah untuk memberikan pengetahuan, wawasan dan teknis pada para dosen di lingkungan perguruan tinggi Islam tentang penulisan jurnal ilmiah internasional. Di samping itu, bagi para pengelola jurnal ilmiah mereka dapat dibantu aktivasi jurnal berbasis operating journal system (OJS).
"Sebagaimana diketahui bahwa jurnal OJS saat ini hukumnya wajib bagi perguruan tinggi dalam rangka pengembangan akademik dan diseminasi hasil-hasil riset para civitas akademika," terang Bono.

Kegiatan tersebut rencananya akan dibuka secara langsung oleh rektor UIN sunan kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA, PhD. Setelah acara workshop, akan dilaksanakan Rakernas pengurus dan anggota Asikopti sampai Jumay (19/5). Rakernas diikuti oleh kurang lebih 30 an PT Islam di Indonesia.
Agenda yg dibahas antara lain meliputi konsolidasi orgasisasi, implementasi hasil-hasil Rakernas pertama di Unisba Bandung, dan lain-lain.
Salah satu agenda penting lainnya, menurut Bono, akan direspon inisiasi tentang adanya asosiasi dosen PT Islam yg diharapkan bisa menjadi media pemersatu profesi dosen dalam mengimplementasikan dan mengembangkan Tri Dharma PT. (Doni TW-Humas)