UIN Sunan Kalijaga Jadi Pusat Perlombaan Aksioma – KSM 2017

UIN Sunan Kalijaga menjadi pusat perlombaan Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2017. AKSIOMA merupakan agenda 2 tahunan yang diselenggarakan Kementerian Agama RI, yang pada tahun ini dipusatkan di Yogyakarta. Setelah dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, di Stadion Mandala Krida, pada Senin (7/8) malam, seluruh peserta menuju kampus UIN Sunan Kalijaga sebagai tempat dilaksanakannya seluruh perlombaan yang dihelat. Perlombaan berlangsung selama 4 hari (7 s/d 12/8/17).

Dalam konferensi pers selesai pembukaan, Direktur Jendral Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Kamaruddin Amin menyampaikan, ajang ini digelar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama RI, Selain KSM dan AKSIOMA, acara ini juga diisi dengan lomba karya tulis ilmiah (LKTI) dan ekspo madrasah.

Dijelaskan, AKSIOMA kali ini diikuti 1.666 siswa, 130 juri, 374 pendamping. Sementara KSM diikuti 476 siswa, 68 juri, 374 pendamping. Untuk LKTI diikuti 204 siswa, 9 juri, 102 pendamping. Secara keseluruhan yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 3.403 orang. Sedangkan perlombaan dalam acara ini diantaranya meliputi lomba MTQ, lomba pidato bahasa Indonesia, lomba pidato bahasa Arab, lomba pidato bahasa Inggris, lomba seni kaligrafi dan seni hadroh. Cabang olah raga yang dipertandingkan adalah bulutangkis, tenis meja dan futsal.

Menurut Kamaruddin Amin, KSM memiliki keunggulan dibanding Olimpiade Sains Nasional. Karena KSM memadukan dan mensinergikan pengetahuan umum dan pengetahuan agama Islam. Kelebihan lain lanjutnya, KSM tidak hanya diperuntukkan bagi siswa-siswi madrasah, tetapi juga siswa-siswi sekolah umum. Terbukti ada beberapa sekolah umum yang turut mendaftar yakni bidang matematika dan agama Islam. Dengan kelebihan-kelebihan dalam ajang ini diharapkan akan banyak melahirkan siswa-siswi yang cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter kuat dalam beragama, berbangsa dan bernegara.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, Ph.D., menyambut baik diselenggarakannya AKSIOMA-KSM 2017 di kampus UIN Sunan Kalijaga. Melalui perhelatan ini akan mengenalkan dan lebih mendekatkan kampus tercinta ini kepada siswa-siswi madrasah seluruh Indonesia. Kalau sudah dekat, maka akan lebih banyak lagi siswa-siswi madrasah yang mecita-citakan untuk melajutkan kuliah di UIN Sunan Kalijaga (Weni Hidayati- Foto: Doni TWHumas UIN Sunan Kalijaga)