Selamat dan Sukses, Prodi Teknik Informatika Fakultas Saintek dan Prodi Sosiologi Fakultas Isoshum, UIN Suka Raih Akreditasi A dari BAN-PT

Setelah melalui Visitasi Reakreditasi dari BAN PT, oleh TIM Asesor BAN-PT; dua Prodi di kampus UIN Sunan Kalijaga ditetapkan Terakreditasi A. Dua Prodi tersebut adalah: Prodi Teknik Informatika Fakultas Saintek dan Prodi Sosiologi, Fakultas Isoshum. Visitasi Prodi Teknik Informatika dilakukan pada 10 s/d 11/8/2017, oleh Assesor Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc.,Ph.D. (UI) dan Adang Suhendra, Prof.,Dr., Ir.,M.Sc., (Universitas Gunadarma).

Ditemui di ruang kerjanya belum lama ini, Kaprodi Teknik Informatika, Dr. Bambang Sugiantoro MT., menjelaskan, perolehan Akeditasi A ini ditetapkan melalui SK Nomor; 2380/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017. Menurut Dr. Bambang, kelengkapan penyajian data saat Visitasi sangat mendukung perolehan Akeditasi A. Data yang terekspose dan dilihat semua oleh Tim Assesor antara lain: Data dan bukti fisik Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian prodi teknik, data dan bukti fisik Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu prodi teknik informatika, data dan bukti fisik Mahasiswa dan lulusan prodi teknik informatika, Data dan bukti fisik Sumber daya manusia (SDM) Dosen dan Tenaga Kependidikan, prodi teknik informatika, data dan bukti fisik Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik prodi teknik informatika, data dan bukti fisik Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi prodi teknik informatika, serta data dan bukti penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama prodi teknik informatika.

Data-data itu semua melengkapi tujuh standart penilaian dari Tim Assesor Ban-PT, yakni; Standar 1 Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Standar 2 Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Standar 3 Mahasiswa dan lulusan. Standar 4 Sumber daya manusia. Standar 5 Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Standar 6 Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi. Standar 7 Penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Sementara poin terpenting yang sangat berpengaruh mendongkrak Prodi ini dari Akeditasi B ke Akreditasi A adalah; bidang SDM Dosen (Tenaga Pendidikan) prodi teknik informatika dengan bertambahnya banyak Doktor bidang IT lulusan dari Universitas ternama, dari dalam dan luar Negeri. Serta semakin banyaknya Mahasiswa dan lulusan yang berprestasi dalam berbagai ajang perlombaan yang diselenggarakan baik di tingkat lokal, nasional dan internasional, juga semakin banyaknya alumni yang memiliki karier bagus.

Dengan perolehan Akreditasi A ini, Dr. Bambang berharap, Program Studi Teknik Infomatika menjadi rujukan nasional maupun internasional dalam bidang ke-TI-an, mampu menghasilkan lulusan Unggul dan Terkemuka dalam Memadukan serta Mengembangkan Nilai Keislaman dan Keilmuan dalam Bidang Teknik Informatika bagi Peradaban. Disamping itu pihaknya juga berharap, akan semakin banyak lagi Potensi yang bisa dikembangkan setiap alumni TIF. Lebih lebih dengan telah diberlakukannya kurikulum mengacu pada Kurikulum Kualifikasi Nasional Indonesia mulai semester gasal TA 2016/2017 yang selanjutnya disebut dengan Kurikulum 2016. Pada Kurikulum 2016 KKNI, Program studi ini mempunyai empat profil lulusan, diantaranya: System programmer, Network service supervisor, Database Administrator dan Software Engineer.

Sementara itu, Setelah melalui Reakreditasi Akselerasi, dengan pelaksanaan Visitasi Reakreditasi 3 s/d 5/5/17, Prodi Sosiologi juga berhasil meraih Akreditas A. Penetapan Akreditasi A Prodi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga ini berdasarkan SK Nomor: 2339/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2017. Ditemui di ruang kerjanya Dekan Fakultas Isoshum, Dr. Muhammad Sodiq, M. Ag., M.Si., didampingi Ketua Prodi Sosiologi Achmad Zainal Arifin, Ph.D., dan Sekretaris Prodi, Dr. Nafsiah menjelaskan, Masa berlaku Akreditasi sebelumnya berakhir 2018 nanti. Reakreditasi Akselerasi ditempuh karena saat ini sudah banyak Dosen Prodi Sosiologi yang bergelar Doktor dan sedang Studi S3 dalam dan luar negeri, telah banyak karya-karya ilmiah Dosen yang terpublikasi, baik di tingkat nasional maupun internasional, serta telah menghasilkan ratusan alumni yang berkarier bagus, meskipun baru berusia 10 tahun. DuaAssesor dari BAN PT yang hadir dalam proses visitasi adalah: Prof. Erwin (Guru besar dari Universitas Andalas, Sumatra Barat), Dr. Rahmad Santosa ( Dosen dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto)

Achmad Zainal Arifin menambahkan, data Borang yang mengacu pada tujuh standar Akreditasi tersaji lengkap saat dua orang Asssesor melakukan visitasi. Ketujuh macam data yakni, Standar 1; Data dan bukti tentang Misi Visi Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian Prodi Sosiologi. Standar 2; Data dan bukti Tata Pamong, Kepemimpinan, Sistem Pengelolaan, dan Penjaminan Mutu Prodi Sosiologi. Standar 3; Data dan bukti Kelulusan Prodi Sosiologi, Standar 4; Data dan bukti Sumber Daya manusia Prodi Sosiologi. Standar 5; Data dan bukti Kurikulum, Pembelajaran, dan Suasana Akademik Prodi Sosiologi. Standar 6; Data dan bukti Pembiayaan, Sarana dan Prasarana serta Sistem Informasi Prodi Sosiologi. Standar 7; Data dan bukti kinerja Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Prodi Sosiologi.

Sementara Faktor yang mendukung memperoleh Akkerditasi A adalah: Kelengkapan dan sistematika data administrasi yang disajikan memberi kemudahan Tim Assesor untuk melihat profil Prodi Sosiologi dan kekompakan penyaji data yang terdiri dari para Dosen, perwakilan mahasiswa dan alumni yang telah berhasil meniti karier baiksebagai akademisi, praktisi dan wirausaha mandiri di dalam dan luar negeri.

Dengan perolehan Akreditasi A ini ke depan diharapkan, Fakultas Sosial dan Humaniora segera bisa membuka program pascasarjana. Selain itu Prodi Sosiologi UIN Sunan Kalijaga bisa menjadi model dan acuan pengembangan akademik dari perguruan tinggi lain. Dan akan memudahkan Prodi Sosiologi aktif berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan akademik di kancah Nasional maupun Internasional, dengan membawa identitas keilmuan yang unggul dan terkemuka dalam memadukan ilmu umum dan ilmu agama. Muhammad Sodiq juga berharap, membuka peluang selebar lebarnya bagi alumni yang akan berkarier menjadi akademisi dan peneliti, serta memudahkan dalam menjalin networking dalam rangka membuka peluang-peluang karier bagi alumni (Weni Hidayati-Humas UIN Sunan Kalijaga)