UIN Sunan Kalijaga Meraih Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2015.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta baru saja menerima sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2015. Penghargaan itu diberikan oleh General Manager Brand Office Operation TUV Rheiland di Yogyakarta C. Tono Infantrianto kepada Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Sunan Kalijaga Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag. Pada pembukaan Audit Mutu Internal XIV Berbasis Dashboard System di gedung Prof. Saifuddin Zuhri Lt.1 UIN Sunan Kalijaga, Selasa (5/9) kemarin.

Pada saat penerimaan penghargaan tersebut Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Phil. Sahiron, M.A., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Dr. H. Waryono, M.Ag. dan Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Dr. Muhammad Fakhri Husein, SE., M.Si.

Sebelumnya Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag menyampaikan manajemen penjaminan mutu yang dimulai sejak tahun 2006 ini sistem kepengelolaannya di semua unit kampus harus bisa diinduksikan kepada pengelola yang baru. “Ini menjadi penting karena semua bagian punya peran dan semangat yang besar” tutur Sutrisno.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Phil Sahiron berharap momentum ini menjadi awal penting untuk tetap komitmen terhadap kualitas pelayanan pendidikan. “Kita harus semakin baik memberikan layanan kepada mahasiswa. Mereka adalah main custumer kita, yang ujung-ujungnya semua proses ini untuk membantu meningkatkan peringkat akreditasi Prodi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT),” kata Sahiron.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu UIN Sunan Kalijaga Dr. Muhammad Fakhri Husein, SE., M.Si. menyatakan bahwa sitem audit berbasis dashboard system digunakan untuk memberi informasi dan arahan bagi masing-masing unit yang ada di kampus. Bahan masukan dari para auditor dijadikan pertimbangan untuk meningkatkan standar mutu manajemen.

Pada kesempatan yang sama diserahkan pula sertifikat akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk tiga program studi, yaitu dua Prodi yang memperoleh nilai A adalah Prodi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, dan Prodi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi serta Prodi Pendidikan Matematika yang terakreditasi B. Peningkatan tersebut menggenapi jumlah Pordi di UIN Sunan Kalijaga yang terakreditasi A sejumlah 28 Prodi.(habib/humas UIN Suka)