Elvara Norma Aroyandini Menangi Esai Competition Bio-Islamic Fair 1438 H

Setelah berhasil menjadi juara dalam Writing Contest Love Your City – Aksi Hijau Oppo yang diadakan OPPO Indonesia (1/1/17) lalu, Elvara Norma Aroyandini (Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga) berhasil menjadi juara lagi dalam Essay Competition Bio-Islamic Fair 2017 (1438 H) yang diadakan UGM. Vara demikian panggilan akrabnya, memenagkan kompetisi ini melalui karya esainya dengan tema “The Truth of Islam : Genggam Ilmuku, Rengkuh Hijrahku, dan judul karyanya “EDIJRA (Every Day is My Hijrah)” : Prinsip Muslim untuk Istiqomah dalam Memuhasabah dan Menghijrahkan Diri menuju Keridlaan Illahi.” Vara berhasil mengungguli banyak peserta dari berbagai perguruan tinggi lain termasuk dua orang mahasiswa UGM yang hanya berhasil meraih juara II dan III.

Menurut Vara, saat diwawancara menjelaskan, karya esainya berhasil menggungguli karya-karya yang lain karena pemaparan ide gagasannya mampu menarik perhatian tim juri, mudah dipahami pembaca, dan menggunakan Bagasa Indonesia sesuai ketentuan EYD.

Menurut Vara, kemenangan yang bisa dia raih beberapa kali bukan datang secara tiba-tiba, karena ia sudah menyukai menulis sejak di SMA. Beberapa tulisan waktu masih sekolah SMA sering dimuat di rubrik “Cerita Anak” Koran Solopos. Maka kegemaran menulis ia teruskan saat memasuki bangku kuliah dengan masuk ke sanggar menulis Excellent Academic Community- EXACT (komunitas mahasiswa di kampus UIN Sunan Kalijaga yang mulai tahun ini sudah jadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Vara sangat termotivasi untuk belajar menulis, karena ia melihat para mahasiswa dari kampus lain yang bisa meraih prestasi dari karya tulisnya. Maka ia teropsesi untuk bisa juara dalam kompetisi menulis agar bisa mengharumkan nama almamaternya. Ia juga didorong beberapa dosennya untuk berani mengikuti kompetisi, selain dorongan orang tua dan teman-teman seangkatannya, kata Vara.

Hasilnya, vara berhasil meraih kejuaraan menulis dalam beberapa kompetisi yang diikutinya. Antara lain; Juara III Bio-Islamic Fair 2016 di UGM, Juara I Bio-Islamic Fair 2017 di UGM, Juara III menulis esai Mahasiswa Batang-Yogyakarta, Juara I Writing Contest Nasional OPPO, Juara I Writing Contest CNN Indonesia, 5 Besar Nominator Esai Nasional PT Kanisius (hasil tulisan dibukukan dalam Buku “Menggagas Pendidikan di Indonesia” yang diterbitkan oleh Penerbit Kanisius, Juara I Lomba Esai se DIY yang diselenggarakan Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga.

Itulah Vara, yang dalam prestasinya yang cemerlang, ia masih bicara dengan rendah hati. “Kemenangan saya bukanlah kemampuan saya, melainkan karena kenikmatan yang luar biasa dari Allah SWT yang mengasihi saya, do’a kedua orang tua, dukungan positif teman-teman dan para Dosen,” aku Vara (Weni-Doni TW Humas).