UIN Sunan Kalijaga Jadi Tuan Rumah Pembukaan OPI 2017

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, Ph.D memukul gong sebagai acara lomba dimulai

UIN Sunan Kalijaga Jadi Tuan Rumah Pembukaan OPI 2017

Daerah Istimewa Yogyakarta kali ini menjadi tuan rumah dalam kegiatan Olimpiade Psikologi Indonesia (OPI) ke-4. Acara dua tahunan ini menjadi ajang yang paling bergengsi bagi kalangan mahasiswa-mahasiswi Psikologi seluruh Indonesia, karena akan memperebutkan medali dari 11 mata lomba yang diselenggarakan, serta juara umum dan trophy Piala bergilir dari HIMPSI Pusat (Himpunan Psikologi Indonesia). Maka tak heran, jika antusias dan euforianya juga sangat terasa bagi kalangan civitas akademika Psikologi khususnya mahasiswa.

Lebih menariknya lagi, pembukaan Olimpiade Psikologi Indonesia tahun ini dilaksanakan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakart (26/10/2017). Pembukaan OPI dilaksanakan di Gedung Prof. H.M Amin Abdullah. “Keempat kalinya OPI diselenggarakan di Jogja. HIMPSI Jogja memberanikan diri untuk menjadi tuan rumah. Semoga OPI selanjutnya, bisa terselenggara dengan lebih meriah,” ujar Drs. Helly P. Soetjipto, M.A selaku ketua HIMPSI Yogyakarta saat memberi sambutan.

Kegiatan nasional yang melibatkan mahasiswa Psikologi se-Indonesia dan diadakan 1 kali dalam 2 tahun ini mengangkat tema Harmony In Diversity. Tema ini diangkat sesuai dengan keadaan masyarakat yang majemuk namun tetap harmoni dan bersatu dalam perbedaan. Bertepatan pula dengan Hari Sumpah Pemuda, terselenggaranya OPI kali ini juga membawa semangat Sumpah Pemuda, persatuan dan kesatuan.

"Tema Harmony in Diversity menjadi bagian dari usaha kita untuk menjaga NKRI," Tutur Prof. Drs. KH Yudian Wahyudi, PhD. Rektor UIN Sunan Kalijaga juga menegaskan bahwa hal yang paling penting ialah persatuan. Apalagi dalam kompetisi OPI kali ini, diikuti oleh berbagai Fakultas dan Program Studi Psikologi se-Indonesia.

Menurut keterangan dari Emira Salma salah satu panitia OPI ke-4 memiliki banyak cabang lomba. Cabang yang dilombakan yakni Psychoscience, Psychopaper, Psychoposter, Psychodebate, Psychoclimb, Psychoinnovation, Psychoentrepreneur, Psychofilm, Psychophotography, Psychovoice dan Psychofutsal. Ada dua kegiatan khusus Psycho Workshop adalah workshop yang membahas local wisdom di Jogjakarta dan Psycho Tour yaitu kembali ke masa lalu dengan mengunjungi candi-candi di Jateng.

Salma menambahkan UIN Sunan Kalijaga, selain pembukaan juga menjadi tuan rumah lomba Psychoposter. Tempatnya di FISHUM. Kita juga bekerja sama dengan HM-PS Psikologi serta jajaran Dekanat dan Dosen Psikologi serta Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) wilayah Yogyakarta sebagai media pendukung,” Jelas Emira Salma salah satu mahasiswa Psikologi yang juga menjadi panitia kegiatan ini.

Dukungan juga datang dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Waryono, M.Ag. Dukungan dari banyak pihak akan menjadi bekal yang sangat kuat bagi peserta kontingen UIN Sunan Kalijaga untuk memberikan hasil yang terbaik dalam Olimpiade kali ini. “Sebagai tuan rumah Olimpiade Psikologi, kita harus berjuang, memaksimalkan, dan mempersembahkan hasil yang sangat baik bagi kampus kita ini,” Tutur Dr. Waryono saat ditemui, Senin, 09 Oktotober 2017 lalu.

Terlihat hadir dalam pembukaan acara OPI Dr. Mochamad Sodik, S.Sos selaku Dekan FISHUM, Dr. Sabarudin, M.Si, Wakil Dekan Bidang Adm. Umum, Kepegawaian dan Perencanaan, Dr. Sulistyaningsih, S.Sos, M.Si Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Erika Setyanti Kusumaputri, M.Si Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. Mustadin, M.Si Ketua Program Studi Psikologi , Dra. Budhi Susilowati Kepala Bagian Tata Usaha, serta dosen-dosen Psikologi dan Kaprodi Psikologi dari lintas Universitas. (tri-khabib/humas)