UIN Sunan Kalijaga Sabet Juara 1 Lomba CFC “12th Annual of Communication Days 2017”

Tim UIN Sunan Kalijaga diketuai oleh Suwanto, dengan anggota Miska Fitriana dan Dian Septiani, kesemuannya merupakan mahasiswa program studi Ilmu Perpustakaan, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya yang berhasil menjadi juara I dalam Lomba CFC “12th Annual of Communication Days 2017”

Ditemui di kampusnya, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan kalijaga, Suwanto antara lain menjelaskan, acara 12th Annual of Communication Days (Commdays) digelar selama tiga hari, 6-9 November 2017. Commdays merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur Jakarta. Adapun Commdays tahun ini merupakan yang ke-12, dengan mengusung tema “Communication in the Digital Era (CODE)”. Salah satu rangkaian acaranya Lomba Call for Paper (CFP) tingkat nasional yakni kompetisi karya ilmiah bagi mahasiswa di perguruan tinggi baik swasta maupun negeri di seluruh Indonesia.

Kegiatan Lomba CFC ini diselenggarakan dalam upaya penerapan terhadap pemikiran-pemikiran kreatif dan inovatif dalam dinamika Ilmu Komunikasi dan diikuti berbagai universitas ternama baik negeri maupun swasta di Indonesia. Setidaknya ada lebih dari 50 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia mengikuti ajang ini. Setelah melalui seleksi awal, 20 tim dinyatakan lolos untuk mengikuti presentasi Grand Final. Presentasi digelar pada 7 November 2017. Tim yang lolos presentasi di antaranya UGM (3 tim), Telkom University (4 tim), Universitas Budi Luhur (2 tim), Universitas Airlangga, ITS, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Hasanudin, UIN Malang, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Palangkaraya, Telkom University, Universitas Pembangunan Jaya (masing-masing satu tim).

Tema yang diangkat dalam Lomba CFC kali ini sama dengan tema acara yakni “Komunikasi di Era Digital”. Adapaun kriteria penilaiannya 60% untuk paper dan 40% presentasi. Judul yang diangkat dalam paper tim UIN Sunan kalijaga mengenai “Smart-Library Bagi Difabel Netra Guna Memupuk Kemandirian Belajar di Era Cyber-Information”.

Dalam paper ini dijelaskan desain Smart-Library yang di dalamnya lengkap dengan fasilitas berbasis TIK seperti Digital Talking Book player (DTB), Optical Character Recognition (OCR), Closed Circuit Television (CCTV), Online Public Access Catalog (OPAC) adaptif, Multy Purpose Station (MPS) Adaptif dan prototipe media pembelajaran berbasis multipel-representasi bagi difabel netra dengan JAWS Screen Reader. Setelah melalui serangkaian penilaian oleh 7 dewan juri mulai dari abstrak, full paper, sampai presentasi akhirnya tim UIN Sunan Kalijaga berhasil mengungguli 19 tim finalis lainnya dan diputuskan sebagai Juara I Lomba CFC Communication in the Digital Era (CODE)

Adapun secara rinci pemenang Lomba CFC “12th Annual of Communication Days (Commdays)” yaitu Juara I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Juara II Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Juara III Telkom University Bandung, Juara Harapan I Universitas Budi Luhur Jakarta dan Juara Harapan II Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Suwanto memang pantas menjadi juara dan patut menjadi inspirasi teman-teman mahasiswa yang lain untuk menyusul berprestasi sepertinya. Dalam kesibukannya kuliah, Wanto, demikian panggilan akrabnya, masih sempat melakukan seabrek kegiatan, antara lain : Wanto pernah menjadi Sahabat Laziz UII (2014 s/d 2016), Direktur TPA tahun 2014 di Masjid At-Tauhid, Dewan Asatidz 2014-sekarang di TPA Masjid Lempuyangan. Aktif menjadi pembina di Sekolah Menulis Kolong Langit 2015-sekarang, dan aktif di Forum Kolumnis Muda Jogja 2015-sekarang.

Selain itu, dalam setahun terakhir ini, Wanto berhasil menjuarai berbagai kompetisi. Antara lain: Juara I Lomba Essay Islami FKIST, Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga, Juara II Lomba Essay Tingkat Nasional Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Jati, Bandung, Best Presentation Lomba Essay Nasional Sigara in Competition Ilmu Administrasi Negara, FIS, UNY, Best Paper Lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an Tingkat Nasional Universitas Negeri Malang, Juara III Maqalah Madlmun Qur’an Tingkat Nasional Universitas Negeri Malang, Juara II Lomba Karya Tulis Ilmiah Pendidikan Tingkat Nasional Prodi Administrasi Publik, Universitas Aisyiah Yogyakarta, Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Kebangsaan se-DIY Kesatuan Bangsa dan Politik DIY, Juara II Lomba Esai Olimpiade Budaya se-DIY Dema-F Adab dan Ilmu Budaya, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Juara I Lomba Penulisan Opini se-DIY-Jateng LPM Paradigma, Fak. Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Project Counselor Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) Kemendikbud RI.

Mahasiswa kelahiran Brebes ini juga telah banyak melahirkan karya ilmiah dan menulis buku. Karya ilmiah 1 tahun terakhir: Konseptualisasi Pelestarian Alqur’an (Ibqa’ Al-Bay’ah) Pespektif Ekoteologi Islam; Emping Ganyong Sebagai Makanan Tradisional yang Bergizi Tinggi; Water Heater with Volcanic Sand; Upaya Menumbuhkan Budaya Baca Mahasiswa Melalui Integrated Library System; Al-Qur’an Pembebas Subordinasi Perempuan: Analisis Normatif Reaktualisasi Kesetaraan dan Keadilan Gender (Gender Equality); Analisis Nilai-Nilai Luhur Keteladanan Rasulullah SAW dalam Upaya Membantuk Jiwa Kepemimpinan Berkarakter Profetik; Restorasi Pancasila dalam Mewujudkan Kebijakan Pro Rakyat; Peran Perpustakaan Islam dalam Transformasi Budaya Menuju Kemajuan Iptek; Mobile Learning Pendidikan Pemakai Berbasis Android Bagi Difabel Netra; Membendung Plagiarisme dalam Pendidikan di Era Cyber Information; Menumbuhkan Kemandirian Belajar pada Disabilitas Netra Melalui Pendidikan Inklusi; Aktualisasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila Menuju Generasi Sadar Nasionalisme; Integrasi-Interkoneksi Al-Qur’an dan Sains dalam Konstruksi Pendidikan karakter di Pesantren untuk Mewujudkan Generasi Unggul Berakhlak Qur’ani; Smart-Library for Visual Impairment to Increase Self Regulated Learning in the Cyber Information Era.

Karya buku Antologi Esai: Revitaformasi Mahasiswa: Sebuah Refleksi Sejarah Nasional, Buku Antologi Esai Mahasiswa dan Politik Praktis, 2014; dan Potret Transformasi UIN Suka: Refleksi Nilai-Nilai Religiositas, Historisitas, dan Modernitas, Buku Antologi Esai UIN Suka Aksi, UIN Suka Diskusi, 2014. Buku Prosiding: Kontribusi Karya Generasi Muda untuk Indonesia, 2013; Mahasiswa dan Masa Depan Bangsa, 2013; Sumbangan Mahasiswa untuk Kemajuan Bangsa, 2013. Lanjutkan prestasimu dan menjadi generasi muda yang unggul ya Wanto (Weni-Humas).