UIN Sunan Kalijaga Bahas Tindak-Lanjut MoU dengan IPB

Jumat (10/11) UIN Sunan Kalijaga mengadakan pertemuan dengan perwakilan Institut Pertanian Bogor (IPB) di ruang pertemuan lt. 2 Gd. Prof. Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga, untuk membahas tindak lanjut kerjasama antara keduanya. Pertemuan ini sebagai tindak lanjut atas MoU yang telah ditandatangani, Rabu, 3/4/2017, oleh Dekan Fakultas Isoshum sebagai wakil pihak UIN Sunan Kalijaga dan Dr. Satria SP., M.Si., wakil dari IPB.

Prof. Agik Suprayogi, M.Sc., Agr., AIPH selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Penjaminan Mutu IPB didampingi drh. Ir. Edy Hartulistioso, M.Sc., Agr., selaku Direktur KSPI dan drh. Fadjar Satrija, M.Sc., Ph.D., selaku Kasubdid Kerjasama IPB, menjelaskan dengan rinci kegiatan atau program-program yang telah berjalan di IPB. Beberapa program tersebut antara lain Service Learning Program (SLP), yakni kerjasama IPB dengan Universitas Gadjah Mada dan Universitas Hasanudin dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat dengan tema tertentu. Kegiatan SLP mengajak mahasiswa untuk belajar melayani masyarakat melalui melihat, mendengar dan merasakan secara langsung kehidupan masyarakat. Berikutnya adalah Bina Cinta Lingkungan (BCL) yang merupakan program pengabdian kepada masyarakat LPPM IPB yang mengajak mahasiswa Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU)IPB, warga desa serta siswa sekolah dasar di desa-desa lingkar kampus IPB untuk terjun langsung melakukan kegiatan kebersihan dan penghijauan lingkungan. Dijelaskan pula rogram IPB Goes To Field (IGTF), yakni kegiatan pendidikan dalam bentuk pembelajaran mahasiswa bersama masyarakat dengan cara tinggal, beradaptasi, dan bekerja bersama-sama masyarakat, program Pusat Studi Agaria (PSA), program Jumat Keliling (Jumling) dan program-program unggulan lainnya.

Di samping itu, IPB juga menjadi Holding Company dari beberapa perusahaan, di antaranya adalah PT Bogor Life Science and Technology, Beras Analog, Techno Park, IPB Convention Hotel dan masih banyak lagi.

Pertemuan yang dihadiri oleh Wakil Rektor III, bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Syariah dan Hukum, dan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora ini, menghasilkan beberapa usulan permohonan kerjasama, yakni pada program Pusat Studi Agraria (PSA), IGTF, dan Jumat Keliling (Jumling). Menanggapi usulan tersebut, pihak IPB memberikan respon positif, terutama pada permohonan kerjasama program IGTF, yang rencananya akan dieksekusi pada tahun pertama setelah adanya kesepakatan kedua belah pihak. Program ini akan dijadikan sebagai program kolaborasi bagi mahasiswa UIN-IPB untuk berkarya dan mengabdi bersama di lingkungan masyarakat (Nida Ma’rufah-Magang Humas)