38 orang Lulusan S2 dan S3 Ikuti Tes SKB CPNS Dosen Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Peserta tes SKB presentasi di depan tim penguji yang terdiri Rektor, Wakil Rektor Bidang II dan Wakil Rektor Bidang III

Setelah lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas), sejumlah 38 peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) untuk formasi CPNS dosen di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, bertempat di Gedung Prof. K.H. Saifudin Zuhri, selama 2 hari Rabu-Kamis (22,23/11/17).

SKB ini dilakukan secara mandiri melalui seleksi micro teaching dan wawancara. Seleksi ini dilaksanakan untuk mengukur kemampuan dan keterampilan peserta seleksi yang berkaitan dengan kompetensi jabatan atau pelaksanaan tugas jabatan.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Phil. Sahiron, M.A. mengatakan, tahun ini kita akan mendapatkan 17 orang calon dosen dari 20 yang diajukan untuk mengisi 16 formasi setelah proses seleksi. “Kita berharap proses SKB ini mendapatkan dosen yang berkualitas di bidangnya masing-masing dan punya visi pengembangan UIN ke depan, kata Sahiron.

Menurut Kepala Bagian Kepegawaian UIN Sunan Kalijaga, Dra. Kenya Budiani, M.Si., peserta tes yang lolos SKB akan mengisi formasi dosenbidang Hukum Pidana, Managemen Resiko Bank, Hukum Islam di Indonesia, Tarjamah, Ekonomi, Katalogisasi Literatur Aksara, Hukum Tata Negara Islam, Hukum Perikatan Islam, Hukum dan HAM, Studi Islam, Sosiologi, Sosiologi Agama, Konseling Rehabilitasi, Manajemen Pendidikan, Matematika.

Kenya menambahkan, bagi peserta yang mengikuti SKB diharuskan membawa kartu ujian yang telah disahkan Panitia ujian. Kemudian menyertakan karya ilmiah yang pernah dipublikasikan di media cetak atau elektronik baik lokal, nasional maupun internasional.Tidak ketinggalan juga peserta harus berpakaian rapih dan sopan.

Dari 38 peserta tes CPNS ini terdiri dari 2 orang lulusan S3 dan 36 orang lulusan S2. Peserta tes akan dihadapkan pada tim penguji yang terdiri dari: Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, MA., Ph.D., (Rektor UIN Sunan Kalijaga), Dr. Phil Sahiron, MA. (Wakil Rektor bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan), Dr. H. Waryono, M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Dr. Fathorrahman, S. Ag., M.Si., Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, MA, Yogi Pribadi, S.T. (Biro Kepegawaian Kementerian Agama Jakarta), Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., M.Si., Psi., Dr. H. Shofiyullah MZ., S.Ag., M.Ag., Dr. Iman Muhsin, M. Ag., Prof. Dr. H. Syihabuddin Qalyubi, Lc., M.Ag., untuk menunjukkan tingkat kemampuan praktek kependidikan dan pengajaran(Micro Teaching),dan kemampuan, ketrampilan, kepribadian calon Dosen sesuai formasi yang dibutuhkan, jelas Kenya Budiani.(Weni-Khabib/Humas)