KOPMA UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Juara 3 National Cooperative Competition

Yogyakarta- Kopma UIN Sunan Kalijaga kembali torehkan prestasi pada National Cooperative Competition (NCC) dilaksanakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) pada tanggal (2-3/11). Kegiatan tersebut merupakan ajang kompetisi antar Koperasi Mahasiswa tingkat Nasional, dimana para peserta akan saling berkompetisi perihal pengetahuan perkoperasian, baik dari tataran teoris, yuridis, maupun manajemen koperasi. Kegiatan tersebut diikuti oleh 42 tim yang terdiri dari 35 Universitas di seluruh Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, Kopma UIN Sunan Kalijaga yang diwakili oleh Anggota Kopma dari Mahasiswa Prodi Ilmu Hukum Fakultas Syariah dan Hukum yaitu Panca Putra Anggun, Kholil Hasim Nur Mahmud dan Murtadha Muthaharri berhasil meraih Juara 3.

Panca selaku ketua tim bersyukur atas apa yang telah diraih bersama kedua rekannya tersebut “Alhamdulillah, kami sangat bersyukur atas semua ini. Ini semua diluar dari ekspektasi kami, kami selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk Kopma pada Khususnya dan UIN pada umumnya. Do’a dan atas Ridha-Nya, yang membuat kami selalu berpegang teguh pada prinsip kami yakni beri kami sebuah kesulitan maka kami akan belajar, dari situlah motivasi kami terbentuk. Kami bangga berkoperasi, karena berkoperasi membuat kami berprestasi” kata Panca.

Andi Sopyan Sauri, Ketua Kopma UIN Suka, mengatakan bahwa Keberhasilan ini tidak lepas dari semangat juang dan komitmen dari Kopma UIN Sunan Kalijaga terhadap visinya Menjadi Mitra Sukses Study Anggota. Prestasi yang telah ditorehkan dalam ajang NCC ini merupakan salah satu dari beberapa prestasi yang telah diukir oleh anggota dalam tahun 2017 ini dan juga sebagai penutup pencapaian di akhir tahun 2017. “Saya sangat mengapresiasi kepada para anggota yang telah berjuang dan bekerja keras untuk Kopma UIN Sunan Kalijaga melalui prestasi dan berbagai kegiatan-kegiatan lainnya. Hal tersebut merupakan bukti, bahwa selain berusaha menjadi incubator pengembangan generasi kooperator yang unggul di lingkungan kampus, Kopma UIN Sunan Kalijaga juga akan selalu berusaha untuk mengharumkan nama baik Kopma UIN Sunan Kalijaga di kancah Nasional maupun internasional ” kata Andi Sopyan Sauri.

Selain itu Kopma juga aktif mengikiti kegiatan Konferensi Koperasi dunia pad Tanggal (13-17/11), dengan kegiatan yang bernama Global Conference and General Assembly di Malaysia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh International Cooperative Alliance (ICA). Dalam konferensi ini, Andi Sopyan Sauri, Ketua Umum UKM Kopma menjadi delegasi Kopma UIN Sunan Kalijaga dalam konferensi tersebut. Acara ini diikuti oleh 7 Kopma, Koperasi Pemuda Indonesia (KOPINDO), dan Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) sebagai wakil peserta dari Indonesia. (Doni TW-humas UIN Suka)