Prodi Ilmu Hadis UIN Sunan Kalijaga Terakreditasi “A”

Akreditasi merupakan sistem penjaminan mutu eksternal Perguruan Tinggi. Dengan langkah itu pula universitas bisa lebih memacu dirinya serta mengambil peluang untuk meningkatkan mutu perguruan tingginya. Hal ini, yang menjadi konsen Prodi Ilmu Hadis (ILHA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengajukan akreditasi ke BAN-PT di Jakarta pada tahun 2017.

Proses akreditasi telah dilakukan oleh BAN-PT Kemenristek Dikti dengan melalui dua serangakian kegiatan yakni Asesmen Kecukupan (AK) yang sifatnya desk evaluation dan dan telah diadakan visitasi tanggal 25-27 Oktober 2017. Adapun asesor yang menilai adalah Dr,. Yusuf Rahman, MA (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dan Dr. Asy’ari Ulama’i, M.Ag. (UIN Walisongo Semarang).

Ketua Prodi Ilmu Hadis Dr. H. Muhammad Alfatih Suryadilaga, S.Ag., M.Ag menjelaskan hasil akreditasi Prodi Ilmu Hadis (ILHA) sudah keluar dengan diterbitkannya surat keputusan dengan nomor SK BAN-PT 4489/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2017 tertanggal 28 November 2017 dengan nilai akreditasi 372 (A). “Alhamdulillah, prodi dapat mempertanggungjawabkan semua data yang terisikan dalam borang”, kata Fatih.

Fatih mengatakan hasil tersebut merupakan hasil kerjasama berbagai pihak terutama civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Adapun peranan yang terpenting adalah adanya Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dimotori oleh Dr. Fahri Husein, SE., M.Si. Selain itu, kerja keras dari Prodi Ilmu Hadis (ILHA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta terutama dosen-dosen serta dekanat dan staf tenaga pengajar sehingga dapat mewujudkan impian akreditasi menjadi kenyataan. “ Untuk status akreditasi Prodi Ilmu Hadis (ILHA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut berlaku selama lima tahun sejak ditetapkan sampai dengan 27 November 2022” jelasnya.

Adanya capaian akrediatsi tersebut harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan dengan mewujudkan beragam impian dan terkait erat tugas masing-masing di kalangan civitas akademika. Dengan akreditasi ini, maka alumni Prodi Ilmu Hadis (ILHA) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat berkesempatan untuk beragam pekerjaan baik di instansi pemerintah maupun instansi lainnya. (MAS-Khabib/humas)