Roadshow Sosialisasi Program Dan Akses Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga

Dra. Labibah. M.LIS. menjelaskan peran perpustakaan dalam pengembangan riset

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta merupakan bagian integral universitas dalam mewujudkan World Class University dalam Bidang Kajian Keislaman. Oleh karena itu, aksesibilitas ke sumber-sumber informasi dan layanan perpustakaan menjadi hal yang sangat penting.

Untuk mendekatkan perpustakaan sebagai jendela dunia bagi sivitas akademika, Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga mengadakan roadshow ke beberapa fakultas di kampus selama bulan Januari 2018. Beberapa diantaranya fakultas Syariah dan Hukum, Adab dan Ilmu Budaya, Ilmu Sosial dan Humaniora, Ekonomi dan Bisnis Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Ushuluddin dan Pemikiran Islam, Dakwah dan Komunikasi serta Fakultas Sains dan Teknologi, Selasa (30/1).

Kepala UPT Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Dra. Labibah. M.LIS. menjelaskan perpustakaan saat ini berupaya mendukung universitas dengan menyediakan beragam sumber informasi dalam bentuk tercetak dan elektronik. Keberadaan sumber-sumber informasi terutama sumber informasi elektronik (e-resources) tersebut menjadi hal yang sangat penting agar para akademisi memperoleh hasil riset yang bermutu dan diakui secara internasional.

Menurut Labibah, maksud dan tujuan roadshow adalah untuk sosialisasi program dan akses perpustakaan untuk sivitas akademika, mengenalkan perpustakaan sebagai pangkalan deposit terkait dengan repositori institusi, mendorong peran fakultas dan prodi dalam pengembangan koleksi; dan menyadarkan pentingnya literasi informasi dalam mendukung riset.(Ch)