UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dirikan Gerbang Kaliman

Sivitas akademika Fakultas Sains dan Teknologi berdiskusi mendirikan komunitas berniaga keluarga besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Gerbang Kaliman.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mendirikan komunitas berniaga keluarga besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang diberi nama Gerbang Kaliman. Pendirian Gerbang Kaliman dimotori oleh Taufik Aji, M.T., (Dosen Prodi Teknik Industri, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta) dan Wakil Dekan III (Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama) Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Dr. Ja’far Luthfi.

Menurut Taufik Aji dalam siaran persnya, Pemilihan nama Gerbang Kaliman, maknanya; gerbang adalah pintu. Kaliman (baca ka-5-an), angka 5 mempunyai arti khusus bagi warga Muslim dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Rukun Islam, shalat lima waktu, Pancasila kesemuanya mengandung 5 angka. Gerbang dalam sengkalan Jawa bermakna angka 9, yang maknanya terhubung dengan Sunan Kalijaga Yogyakarta yang merupakan Sunan ke 9. Gerbang Kaliman juga mengandung visi Gerak Membangun Keluarga Kalijaga Mandiri, demikian jelas Taufik Aji.

Komunitas ini menghimpun para alumni, para dosen dan pegawai, para mahasiswa, keluarga para dosen dan pegawai yang respek terhadap dunia kewirausahaan. Baik mereka yang telah sukses menekuni dunia wirausaha, sudah mulai merintis, maupun yang mempunyai keinginan untuk merintis wirausaha.

Ja’far Luthfi menambahkan, wadah ini akan sangat bermanfaat sebagai ajang sosialisasi dan inisiasi, belajar dan sharing bareng, bazar anggota bersama komunitas wirausaha lain, menemukan mentor bisnis, dan mempertemukan investor dengan pelaku usaha. Saat ini sudah lebih dari 200 pelaku wirausaha keluarga besar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mendaftar bergabung menjadi anggota Gerbang Kaliman.

Sebagai agenda awal, dalam waktu dekat ini akan menyelenggarakan Bazar gabungan antara sesama anggota Gerbang Kaliman dengan pelaku wirausaha alumnus UGM yang tergabung dalam Keluarga Gama Mandiri (KGM) dan talkshow seputar kewirausahaan menghadirkan narasumber: Pengusaha, Investor, Kepsek KGM, “Ipunk” Purniant Rajiman, dan Dosenpreneur Fakultas Saintek UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Maya Rahmayanti. Kegiatan ini direncanakan Selasa, 3/3/18, bertempat di ruang teatrikal dan selasa Fakultas Saintek, kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Weni, Suryo/Magang Humas)