Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora diperkuat Seorang Doktor Lagi

Mustadin

Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diperkuat seorang Doktor lagi. Setelah Mustadin (32), dosen Prodi Psikologi meraih program doktor dari Program Pascasarjana UGM Yogyakarta.

Mustadin menyusun disertasi berjudul Dialog Identitas: Upaya menemukan Identitas Organisasi dan Identitas Karyawan pada proses Restrukturisasi Organisasi (Studi Perubahan IAIN menjadi UIN).

Mustadin mengatakan, perubahan identitas IAIN (Institut Agama Islam Negari) yang direstrukturisasi menjadi UIN (Universitas Islam Negeri), berdampak terhadap identitas organisasi dan karyawan, dan terjadinya interaksi yang dinamis antara mereka. Bahkan, telah ada sejumlah penelitian tentang perubahan prestasi kerja dan identitas organisasi, namun mereka tidak berada dalam konteks perubahan organisasi. Merupakan sebuah alasan baru atau teori dalam melihat perkembangan karyawan dan identitas organisasi dan interaksi antara keduanya selama dan proses perubahan organisasi.

Perkembangan identitas karyawan ditemukan oleh promovendus dalam penelitiannya dibagi menjadi beberapa fase termasuk zona confort, evaluasi diri, perbaikan diri, kontra apresiatif, akomodatif proaktif, dan kewirausahaan. Sementara itu pengembangan identitas organisasi ada enam fase termasuk status quo, konflik dan tekanan, negotations persuasif, memberdayakan, dan perbaikan continious berinteraksi, menarik, dan dipengaruhi satu sama lain. Setiap tahapan dan interaksi pembangunan memiliki strategi khusus dan implikasi yang dikembangkan dalam organisasi, khususnya terhadap kinerja kerja karyawan.

Demikian antara lain hasil riset yang diperoleh Dosen pada Prodi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini, setelah pihaknya melakukan studi komparatif terhadap perubahan identitas IAIN (Institut Agama Islam Negari) yang direstrukturisasi menjadi UIN (Universitas Islam Negeri). Hasil riset yang diangkat menjadi karya Doktoral Program Pascasarjana berjudul “Dialog Identitas: Upaya menemukan Identitas Organisasi dan Identitas Karyawan pada Proses Restrukturisasi Organisasi (Studi Perubahan IAIN Menjadi UIN) ini, dipertahankan di ruang Auditorium Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Kamis, 23 Januari 2014. Mustadin mempertahankan Karya Doktoralnya ini di hadapan tim penguji : Fathul Himan, M.Psi, MA, P.hD (Promotor merangkap penguji, Achmad Sobirin, MBA, Ph.D, (Ko-promotor merangkap penguji), Prof. T Dicky Hastjarjo, P.hD, Prof. Bimo Walgito, Prof. Dr. Asmaji Alsa, SU, IJK Sito Meiyanto, P.hD, Rahmad Hidayat, M.Sc, Ph.D, Dr. Avin Fadillah Helmi.

Mustadin merupakan Doktor UGM yang ke 21.131, lulus dengan predikat memuaskan , dan menyelesaikan studynya selama lima tahun lima bulan.**(Din Humas).