Ketua MPR Gandeng KPU DIY Goes To Campus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Sosialisasikan Nilai-Nilai 4 Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Ketua MPR RI, Drs. Sidarta Danusubroto, SH., mengatakan, saat ini budaya asing lebih berpengaruh dibandingkan dengan budaya lokal. Kondisi ini dikawatirkan akan meruntuhkan sendi sendi kehidupan bangsa Indonesia. Oleh karenannya dirasa perlu terus menggelorakan nilai-nilai 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. 4 pilar ini adalah : Pancasila, UUD ’45, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika. Sidarta mengemukakan hal tersebut di sela sela “Tslkshow Goes to CampusSosialisasi 4 Pilar kehidupan berbangsa dan bernegara “di Convention HallKampus UIN Sunan Kalijaga, Senin, 27 Januari 2014.
Selain Ketua MPR RI, forum ini menghadirkan pula Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, S. IP., MA., dan Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum, UIN Sunan Kalijaga, Noorhaidi, S. Ag., MA., Phil., Ph.D., sebagai nara sumber dan dipandu artis kenamaan Chintya Sari.
Sidarta mengatakan, erosi kebudayaan bangsa Indonesia harus dihentikan, agar sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara ini tetap utuh. Kita tidak boleh membiarkan NKRI menjadi sejarah yang hanya bisa dikenang. Untuk itu perlu terus digelorakan nilai-nilai 4 pilar, salah satunya melalui forum-forum sosialisasi baik ke sekolah-sekolah maupun ke kampus kampus sampai ke anak-anak jalanan. Tidak hanya sebatas simulasi atau sosialisasi saja, upaya menggelorakan kesadaran 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara (Indonesia), juga perlu digelorakan melalui sikap-sikap dan tindakan-tindakan nyata. Misalnya bagaimana menjadi pejabat yang mengayomi masyarakat, bagaimana menegakkan hukum dengan baik, bagaimana penerapan hukum yang melindungihuman rightdan minoritas dan sebagainya.
Dijelaskan,Goes to Campusmerupakan salah satu rangkaian kegiatan yang dimiliki MPR RI dalam rangka sosialisasi 4 pilar (Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika). Forum ini sudah dilakukan sejak awal 2012 kemarin. “Ini sudah kunjungan ke kampus yang ke 56, ke kampus-kampus di seluruh Indonesia, kunjungan yang pertama kali dulu juga ke kampus UIN Sunan Kalijaga. Talkshow : 4 pilar goes to campus ke UIN Sunan Kalijaga kali ini mengangkat thema “Mewujudkan Pemilu yang Berkualitas”. Kata Sidarta.
Hamdan Kurniawan menambahkan, hiruk pikuk Pemilu 2014 sudah mulai terasa. Kita semua berharap, Pemilu 2014 yang akan datang bisa berproses lebih berkualitas dan akan menghasilkan wakil-wakil rakyat dan pemimpin negara yang mempunyai kompetensi, kapasitas dan akuntabilitas, serta mampu lebih mensejahterakan rakyat dan aspiratif terhadap kepentingan-kepentingan bangsa dan negara ini. Melalui forum ini kita akan menyerap masukan yang sebanyak banyaknya dari para mahasiswa, agar kinerja panyelenggaraan Pemilu dapat berproses secara optimal, bukan hanya dalam teknis penyelenggaraannya, tetapi juga dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan Pemilu. Selain itu, kita ingin terus menyuarakan agar partai politik dan para calon menjunjung tinggi perilaku politik yang terpuji, kata Hamdan Kurniawan.
Mudah-mudahan dengan terus menerus melakukan sosialisasi, Pemilu 2014 nanti akan berlangsung sesuai dengan asas jujur, adil, tertib, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efisieni dan efektifitas, tambah Hamdan Kurniawan. (Weni H - Doni T -Humas)