Soft Launching Kendaraan Roda Empat Kreasi Mahasiswa Teknik Industri

Barang bekas di mata masyarakat merupakan sesuatu yang tidak berguna dan langsung berakhir di tempat sampah. Mulai dari barang perabot rumah tangga, perkantoran bahkan sekolah. Untuk itulah perlu adanya inovasi untuk mendaur ulang bahan bekas menjadi produk yang bernilai tambah dan dapat dimanfaatkan.

Di era globalisasi sekarang ini mahasiswa dituntut untuk berinovasi dan memiliki kreasi tinggi. Hal inilah yang sekarang dilakukan mahasiswa jurusan Teknik Industri UIN Sunan Kalijaga dengan kreatifitasnya mereka memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar kampus menjadi produk jadi serta bermanfaat. Salah satu karya mereka dari bahan bekas adalah kendaraan roda empat dengan satu kursi bermesin 2 tak 90 cc.

Soft Launching kendaraan roda empat besutan mahasiswa Teknik Industri yang diberi nama “Kuda Kalem” dilaksanakan Senin (24/02) di Lobby Fakultas Sains dan Teknologi. Bersama dengan kendaraan roda empat dipamerkan pula kursi antropemetri buah karya mahasiswa Teknik Industri dengan dosen pembimbing Taufiq Aji, M.T. Kursi ukur antropometri sebagai alat bantu cipta produk-produk ergonomis ini dioperasikan dengan tenaga listrik dan berteknologi sensor ukur jarak.

Dalam sambutannya Wakil dekan bidang mahasiswa dan kerjasama fakultas Sains dan Teknologi Drs. Murtono M.Si mengatakan, hasil karya ini menjadi contoh bagi mahasiswa yang lain untuk mengembangkan potensi dan kreasi di bidang akademik dan teknologi. Meskipun kendaraan ini masih menggunakan bahan bakar minyak, harapannya bisa dikembangkan lagi menjadi kendaraan yang ramah lingkungan.

Sementara itu, Ketua Jurusan Teknik Industri Arya Wirabhuana, M.Sc menuturkan, karya-karya ini awal dari produk mahasiswa Teknik Industri. Meskipun dari barang bekas produk ini bisa dimanfaatkan menjadi barang yang mempunyai nilai guna. “ Mahasiswa harus tetap berkreasi dan berinovasi jangan berhenti sampai disini” kata Arya.

Taufiq Aji M.T. dosen pembimbing tim mahasiswa Teknik Industri menanggapi karya tersebut bahwa sebuah kata berisi satu makna, dan sebuah gambar mencetuskan semuanya, walaupun kesemuanya itu akan tunduk lenyap oleh rangkaian kalimat Allah yaitu “ Kun Fa Yaa Kun”. (admin industri-humas).