Sastra Persia dan Kontribusinya bagi Jendela Pengetahuan Dunia

Bangsa Persia merupakan bangsa yang memiliki peradaban tinggi. Jejak peradaban bangsa persia dimulai dari 7000 tahun kebelakang, dalam bidang politik jejak peradaban bangsa persia dapat terlacak mencapai 2500 tahun kebelakang. Peradaban bangsa Persia, yang sekarang direpresentasikan oleh bangsa Iran, memiliki kontribusinya sangat besar bukan hanya pada bagi bangsa Persia tapi juga bagi dunia tidak hanya pada dunia sastra juga pada sisi akademik yang lainnya. Bahkan kebesaran bangsa Persia ini masih terasa sampai sekarang. Embargo Amerika yang begitu kuatnya tidaklah membuat bangsa Iran lemah. Tetapi semakin memperkuat bangsa Iran.

Hal ini disampaikan oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga saat membuka Seminar Nasional “ Sastra Persia dan Kontribusinya bagi Jendela Pengetahuan Dunia” yang diselenggarakan melalui kerjasama antara Iranian Corner Library of State Islamic University Sunan Kalijaga dan Kedutaan Besar Republik Islam Iran. Acara diadakan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Selasa 26 Februari 20114.

Hadir sebagai pembicara pada seminar tersebut antara lain, Hojjatullah Ebrahimian., Ph. D. In Public Law, Konselor Budaya Republik Islam Iran. Zamzam Affandi ., Ph. D. Direktur LP2M UIN Sunan Kalijaga, Bastian Zulyeno, Ph.D. Pakar Sastra Persia pada Universitas Indonesia dan Fakhruddin faiz, MA. (Fauzi).