Sosialisasi SNMPTN 2014 di Jogja TV

Rabu (26/2/2014), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta bersama dua Perguruan Tinggi Negeri di Jogja lainnya yaitu UNY dan UGM mengadakan Acara Sosialisasi SNMPTN 2014 di Stasiun Jogja TV Jl. Wonosari dengan menghadirkan narasumber Wakil Rektor I UNY, Wakil Dekan I UIN (Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag), dan Dr. Agr. Ir, Sri Peni Wastutiningsih (Direktur Akademik UGM).

Dr. Agr. Ir, Sri Peni Wastutiningsih menjelaskan bahwa, penyelenggaraan SNMPTN 2014 sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan pemerintah, system penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain. Seleksi secara nasional menjadi tanggung jawab pemerintah, sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab Majelis Rektor PTN se-Indonesia dan/atau Rektor PTN masing-masing. Sehingga secara umum penyelenggaraan SNMPTN 2014 tidak berbeda dengan penyelenggaraan SNMPTN tahun 2013. Namun perlu diperhatikan untuk pengisian PDSS Kepala Sekolah harus jujur dan bertanggungjawab penuh atas pengisian PDSS itu.

Yang membedakan dalam penyelenggaraan SNMPTN tahun 2014 dengan tahun lalu adalah pada jumlah pilihan prodi. Jika tahun lalu siswa dapat memilih dua PTN dengan maksimal empat prodi, pada PTN 2014 setiap siswa dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga prodi di dua PTN dengan ketentuan di satu PTN memilih maksimal dua prodi. Apabila memilih satu PTN dapat di mana saja. Bagi siswa SMK dan MAK hanya diijinkan untuk memilih prodi yang relevan dan sesuai ketentuan di masing-masing PTN, hal tersebut dikatakan oleh Wakil Rektor I UNY.

Acara Sosialisasi SNMPTN 2014 ini dihadiri oleh Wakil rector bidang Akademik UGM, Wakil Rektor II UNY, Sekretaris Direktorat Akademik UGM, Kasubdit Registrasi UGM, Kasubdit Penerimaan UGM, Kasi Pemasaran UGM, Ketua Admisi UIN, Kasubag Humas UIN, dan beberapa staf Humas dari UGM, UIN, dan UNY. **(Din-Humas UIN Suka).