Jelang Pemilu, MAPALASKA UIN Sunan Kalijaga Selenggarakan Seminar Lingkungan Hidup Mengharap Kepemimpinan Nasional yang Punya Visi Pelestarian Lingkungan

Menyongsong Pemilu 2014, MAPALASKA UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk “ Environmental Leadhership Mahasiswa Pecinta Alam Sunan Kalijaga Yogyakarta 2014”. Bertempat di Convention Hall, Senin, 17 Maret kemarin. Sebagai organisasi kampus yang bergerak dalam lingkup kepencinta-alaman, MAPALASKA ingin menyambut tahun demokrasi ini dengan harapan yang jelas. Yakni mencari sosok pemimpin yang ideal.. Yang merangkul semua kalangan dengan berbagai visinya. Termasuk menginginkan pemimpin yang memiliki visi menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Menurut Andhi Wahyudi, selaku Ketua Panitia forum ini, yang ditemui di sela-sela acara menyampaikan, kelestarian alam Indonesia bergantung dari 3 hal. – Pemerintah yang bijaksana dalam mengelola kekayaan sumber daya alam, - Manusia Indonesia yang menghargai lingkungannya, - Undang-Undang yang melindungi pemanfaatan sumber daya alam. Melalui forum ini, di satu sisi, pihaknya indin merangkul semua kalangan dan membuat kesepakatan bahwa lingkungan adalah sumber kehidupan yang sesungguhnya. Lingkungan hidup yang murni dan alami menjadi satu hal yang harus dijaga kelestariannya untuk kehidupan yang seimbang. Pembangunan nasional dengan tidak dibarengi upaya konservasi lingkungan adalah omong kosong dan merupakan perusakan. Saling menjaga antara manusia dengan lingkungan adalah harga mati. Jika secara aklamasi berdasarkan kesepakatan yang ada dan diakui, akan dapat meminimalkan kerusakan lingkungan. Apalagi ketika lingkungan hidup menjadi satu point yang jelas dalam pembangunan bangsa ke depannya. Maka melalui forum ini dideklarsikan tekat, mewujudkan satu pahan kepemimpinan baru dalam gegap gempita demokrasi Indonesia sebagai alternatif kecenderungan sosial terhadap krisis kepemimpinan dalam pembangunan yang berbasis lingkungan.

Hasil yang diharapkan dalam forum ini, - Menghasilkan kesepakatan bersama untuk menjaga keseimbangan hidup antara manusia dengan lingkungan yang saling bersinergi, - merumuskan unsur-unsur yang harus ada dalam diri seorang pemimpin, diantaranya mampu mengayomi seluruh masyarakat Indonesia dan memberikan rasa aman terhadap lingkungan alam, sosial maupun politik, - Merumuskan komitmen bersama untuk mewujudkan demokrasi yang sehat dan positif, menentukan pemimpin yang tepat, yang dapat menampung aspirasi semua kalangan dan peduli terhadap lingkungan, - Terbentuknya kader-kader pemimpin yang bergerak di bidang lingkungan dan berkarya nyata sekecil apapun untuk Indonesia yang lebih baik, - Menjadikan MAPALASKA sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang berbasis lingkungan dan kepencinta-alaman berperan aktif dalam mewujudkan gerakan sosial dan kampanye lingkungan, demikain jelas Andhi.