Sekarang Mahasiswa Bisa Belajar Pasar Modal di Pojok Bursa UIN Sunan Kalijaga

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan PT. OSO Securities membuka Galeri Investasi (Pojok Bursa) di kampus UIN Suka, Kamis 20 Maret 2014. Kegiatan ini dilakukan di Convention Hall dan dilanjutkan dengan peresmian Gedung Galeri Investasi (Pojok Bursa) yang terletak di sebelah barat Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie mengatakan, edukasi terkait Pasar Modal perlu dilakukan sejak dini khususnya pada mahasiswa. Hal ini perlu dilakukan mengingat kesadaran mahasiswa dan masyarakat kampus tentang investasi di pasar modal masih sangat rendah. Dengan langkah awal dibukanya Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam maka secara sadar akan menggugah kesadaran tentang Pasar Modal. Keterlibatan Mahasiswa dalam Pasar Modal sangatlah mutlak mengingat persaingan Global di era sekrang semakin ketat.“ Kami ingin melahirkan sarjana yang tidak hanya kompeten dalam bidang ekonomi syariah tetapi juga mampu menerapkan ekonomi syariah disektor riil ”, Tambah Musa.

Direktur OSO Securities Syaiful Anwar dalam sambutannya mengatakan, Partisipasi OSO Securities dalam pendirian Pojok Bursa tersebut dilakukan karena meyakini kampus adalah tempat yang tepat dan strategis sebagai media untuk pembelajaran dan mensosialisasikan pasar modal.” Hal inilah yang meyakinkan kami untuk mendirikan Pojok Bursa di UIN Suka. Bagi mahasiswa yang berminat menjadi pelaku pasar modal kini tak perlu lagi ragu menanamkan investasi. OSO Securities meluncurkan Opening Account murah di pasar modal hanya dengan dana Rp. 500 ribu saja” tuturnya. Dengan demikian mahasiswa tidak perlu lagi ragu dan takut berinvestasi di pasar modal.

Sedangkan Direktur BEI Frederica Widyasari Dewi Menjelaskan, pertumbuhan pasar modal di Indonesia saat ini mencapai Rp. 5,6 Triliun per hari. Dengan dibukanya galeri investasi di Kampus maka akan mampu melahirkan sarjana yang sadar akan Pasar Modal. Adanya Pojok Bursa ini, Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga diharapkan Aktif dalam Pasar Modal.

Peresmian ditandai dengan pemotongan Pita di Gedung Galeri Investasi (Pojok Bursa) oleh Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie, Direktur OSO Securities Syaiful Anwar dan Direktur BEI Frederica Widyasari Dewi. Setelah pemotongan Pita kemudian acara dilanjutkan dengan seminar dengan tema ‘Cerdas Investasiku Cerah Masa depanku’, dengan Pemateri dari FEBI, BEI dan OSO Securities. (Doni Tri Wijayanto-Humas UIN Suka).