Sosialisasi SBMPTN 2014 di TVRI Yogyakarta

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah, sistem penerimaan mahasiswa baru program sarjana pada perguruan tinggi dilakukan melalui seleksi secara nasional dan bentuk lain.

Berdasarkan hasil pertemuan antara Pengurus Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) dengan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ditetapkan bahwa Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menjadi tanggung jawab Pemerintah, sedangkan seleksi bentuk lain menjadi tanggung jawab MRPTNI dan/atau Rektor Perguruan Tinggi Negeri masing-masing.

UIN, UNY, dan UGM senin (19/5) menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014 di TVRI Stasiun Yogyakarta Jl. Magelang. Diselenggarakan Sosialisasi ini dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada calon mahasiswa tentang tata cara untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru. Acara dikemas dalam bentuk Talk Show dan Dialog Interaktif. SBMPTN yang diikuti oleh 64 PTN di Indonesia dan proses seleksi melalui ujian tertulis dengan bentuk soal bersifat prediktif Hal ini diungkapkan oleh Wakil Rektor I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Sekar Ayu Aryani, M.Ag.

Lebih lanjut disampaikan salah satu bentuk lain dari penerimaan mahasiswa baru adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). SBMPTN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara bersama oleh seluruh perguruan tinggi negeri dalam satu sistem yang diselenggarakan secara serentak melalui ujian tertulis.

Sejalan dengan program pemerintah melalui program Bidik Misi, peserta dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi namun memiliki prestasi akademik memadai dapat mengikuti seleksi SBMPTN tanpa biaya pendaftaran. Selain ujian tertulis, untuk program studi ilmu seni dan keolahragaan mempersyaratkan uji keterampilan.

Pada SBMPTN pendaftaran dilaksanakan secara online dan dapat diikuti oleh lulusan sekolah menengah, madrasah atau yang sederajat tahun 2012, 2013 dan 2014 yang lulus Ujian Nasional (UN). Pendaftaran online dimulai pada 12 Mei 2014 hingga 6 Juni 2014 secara online. Ujian tulis akan diselenggarakan pada 17 Juni 2014 dan pengumuman hasil ujian adalah pada 16 Juli 2014. Untuk biaya program Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial dan Humaniora (Soshum) dan untuk Campuran biaya pendaftaran 100 ribu rupiah. “Tahun ini Saintek, Soshum dan Campuran semuanya masing-masing dapat memilih tiga program studi“, ungkapnya. Panduan teknis dapat diunduh dihttp://download.sbmptn.or.idmulai 6 Mei 2014 yang lalu.

Dalam sosialisasi ini juga dihadiri oleh Dr. Rizal Mustansyir, M.Hum dan Drs. Totok Sukardiyono selaku Tim Sosialisasi SBMPTN dari UNY sebagai narasumber. Drs. Totok Sukardiyono, menjelaskan ketentuan umum berupa persyaratan pendaftaran, tata cara pendaftaran, jadwal pelakasanaan dan pemilihan program studi serta jenis ujian seleksi masuk perguruan tinggi.

Adapun jenis ujian SBMPTN dikelompokkan menjadi 2 yaitu ujian tertulis dan ujian keterampilan. Materi ujian tertulis meliputi Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), tes kemampuan dasar sains dan teknologi (TKD Saintek) serta Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum). Sedangkan calon mahasiswa yang mengikuti seleksi jalur ujian keterampilan materi yang diujikan mencakup bidang seni rupa, seni tari, seni music dan seni drama, sedangkan bidang ilmu olahraga terdiri atas tes kesehatan dan tes kemampuan fisik.

Pendaftaran SBMPTN dilakukan secara Online di lamanhttp://pendaftaran.sbmptn.or.id. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per-PTN tahun 2014, dan jumlah peminat program studi per-PTN tahun 2013 dapat dilihat di laman http://sbmptn.or.id.

Untuk Jadwal Ujian Tertulis akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juni 2014. Sedangkan Ujian Ketrampilan dilaksanakan pada tanggal 18 dan 19 Juni 2014. Hasil ujian akan diumumkan pada 16 Juli 2014 dan dapat diakses melalui lamanhttp://www.sbmptn.or.id.

Selama siaran di TVRI Stasiun Yogyakarta, berbagai pertanyaan muncul dari pemirsa. Diantaranya adalah mengenai proses alur pendaftaran seleksi, biaya perkuliahan dan berbagai beasiswa yang ditawarkan selama masa studi.**(Din Humas).