Alhamdulillah, 2 Prodi Yang dimiliki FEBI Sudah Terakreditasi B

Di penghujung tahun 2014, kedua Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Kalijaga mendapatkan akreditasi B. Prodi Perbankan Syariah yang divisitasi oleh BAN-PT pada awal Agustus 2014 mendapatkan akreditasi B berdasarkan SK No. 396/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2014. Prodi Ekonomi Syariah yang divisitasi pada pertengahan September 2014 mendapatkan akreditasi B berdasarkan SK No. 429/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014. Hal tersebut disampaikan Ketua Prodi Perbankan Syari’ah, Muh. Ghofur Wibowo, MSc., kepada Humas UIN Sunan Kalijaga melalui siaran persnya, Jum’at, 16 Januari 2015.

Capaian ini dirasakan istimewa karena kedua prodi yang baru 3 tahun berdiri tersebut belum memiliki lulusan, namun sudah mendapat akreditasi B. Kata Muh. Ghafur Wibowo, MSc. yang juga menjadi Ketua Tim Akreditasi FEBI. Persiapan akreditasi dilakukan sejak Mei 2013 yang terus menerus disempurnakan hingga menjelang masa visitasi., imbuh Ghofur.

Dr. Ibnu Qizam selaku Dekan FEBI menegaskan bahwa akreditasi ini menunjukkan keseriusan pengelolaan program studi guna mencapai visi centre of excellence dalam bidang ekonomi dan bisnis Islam. Di tengah keterbatasan sarana dan prasarana, FEBI mampu bersaing dengan prodi yang lain serta terus berprestasi di bidangnya.

Bagi mahasiswa, hasil akreditasi tersebut akan semakin memotivasi mereka untuk berprestasi di bidang akademik maupun nonakademik. Akreditasi yang baik akan menambah kesiapan lulusan dalam menghadapi dunia kerja yang semakin ketat, khususnya di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Terlebih lagi di tahun akademik 2015/2016 mendatang, FEBI akan membuka prodi baru, yaitu Prodi Akuntansi Syariah sehingga akreditasi ini akan lebih mendorong pengelolaan prodi yang lebih baik, jelas Ibnu Qizam.