Seleksi Calon Wakil Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2015 – 2019

Pansel Wakil Rektor

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta saat ini sedang menyelenggarakan seleksi Calon Wakil Rektor untuk periode 2015-2019. Setelah Rektor baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dilantik dan telah dilaksanakannya serah terima jabatan, segera Rektor membentuk Panitia Seleksi Calon Wakil Rektor. Rapat perdana Panitia Seleksi (selanjutnya disebut dengan Pansel) dan para Pimpinan Universitas dilaksanakan pada tanggal 13 Januari 2015 pukul 09.00 di ruang Rektor. Dalam forum ini Prof. Drs. H. Akh. Minhaji, MA, Ph.D. selaku Rektor menegaskan bahwa dalam bulan Januari ini Pansel harus sudah menghasilkan verifikasi para Calon Wakil Rektor untuk diajukan kepada Rektor. Bahkan, dalam forum berkembang pendapat bahwa mulai Februari Wakil Rektor baru harus sudah ada, guna kelancaran urusan administrasi dan keuangan.

Selanjutnya, merujuk Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2014 tentang Statuta Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Pansel Calon Wakil Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Periode 2015-2019 ini pun telah mengumumkan bahwa pendaftaran Calon Wakil Rektor akan dilaksanakan pada tanggal 19-21 Januari 2015; dan bagi yang berminat dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan dokumen persyaratan sebagaimana terlampir atau bisa diunduh di www.uin-suka.ac.id.

Adapun syarat-syarat sebagai Wakil Rektor sebagaimana tertera dalam statuta adalah sebagai berstatus PNS, beragama Islam dan berakhlak mulia, berusia paling tinggi 60 tahun (pada tanggal 6 Maret 2015), lulusan Program Doktor (S-3), memangku jabatan fungsional paling rendah Lektor Kepala, pernah memangku jabatan tambahan sebagai pimpinan universitas setingkat Dekan/Direktur/Ketua Lembaga/Wakil Dekan atau jabatan setara dengan jabatan tersebut baik di dalam maupun di luar universitas, sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah, bersedia dicalonkan menjadi Wakil Rektor secara tertulis, dapat bekerjasama dengan Rektor, dan apabila terpilih sebagai Wakil Rektor, bersedia mentaati ketentuan peraturan perundang-undangan.

Pansel yang diketuai oleh Dr. Sri Wahyuni, M.Ag.,M.Hum dan terdiri dari perwakilan semua fakultas di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini telah mulai bekerja dan menyusun agenda pelaksanaan seleksi Calon Wakil Rektor. Agenda seleksi tersebut adalah sebagai berikut; tanggal 15-19 Januari 2015 adalah masa sosialisasi dan pengumuman, tanggal 19-21 Januari 2015 adalah masa pendaftaran calon, tanggal 26-27 Januari 2015 adalah masa verifikasi berkas administrasi, tanggal 27-28 Januari 2015 adalah masa seleksi berkas administrasi, tanggal 29 Januari 2015 adalah menyampaian hasil seleksi kepada Rektor dan tanggal 30 Januari 2015 hasil seleksi dari pansel akan dipublikasikan ke web universitas dan media massa. (sri wahyuni-pansel)