Kesiapan Mahasiswa UIN Suka Menghadapi MEA 2015

Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) banyak cara yang harus dipersiapkan oleh masyarakat Indonesia untuk bisa bersaing secara global. Khususnya perguruan tinggi dalam mencetak lulusan yang mampu berkompetisi dengan tenaga kerja dari negara lain. Selain itu, kecakapan berbahasa asing calon alumni juga diperlukan.

Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof. Drs. H. Akh. Minhaji, M.A., Ph.D mengatakan keberadaan ilmu-ilmu agama dan umum di kampus ini harus dikembangkan. Mengingat rencana UIN akan beralih dari Kementrian Agama masuk ke Kementerian Riset dan Dikti. Karena itu, keberadaan jurusan agama yang sudah baik harus perlu dikembangkan, dan prodi umum harus mengejar ketertinggalan dari kampus lain.

“ Ini sangat penting, karena trend persaingan global sudah di depan mata. Apalagi pada tahun ini Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan ASEAN Free Trade Area (AFTA) sudah diberlakukan di Indoensia.” Tutur Minhaji saat memberi sambutan Tasyakuran Akreditasi Program Studi Fakultas Sains dan Teknologi, Selasa (20/1) kemarin di Convention Hall UIN Suka.

Perlu diketahui bersama sejak berdirinya fakultas Sains dan Teknologi tahun 2004, maka berubahlah status IAIN menjadi UIN Sunan Kalijaga. Sekarang ini ada sepuluh prodi berhasil meningkatkan nilai akreditasinya yang dikeluarkan BAN-PT, diantaranya Prodi Matematika terakreditasi B, Fisika akreditasi B, Kimia akreditasi B, Biologi akreditasi B, Prodi Pendidikan Matematika terakreditasi B, Pendidikan Fisika akreditasi B, Pendidikan Kimia akreditasi A, Pendidikan Biologi akreditasi B, Prodi Teknik Informatika akreditasi B dan Teknik Industri akreditasi B.

Minhaji menambahkan, naikknya nilai akreditas akan menunjukkan derajat yang sama bagi alumni kita untuk berkompetisi dengan lulusan kampus lain. Hal ini juga menjadi perhatian para dosen, bagaimana cara menyiapkan mahasiswa agar mempunyai kompetensi, keahlian dan kemampuan bahasa asing sebagai modal untuk berkarir di dunia kerja.

Di sela acara Tasyakuran Akreditasi diselenggrakan juga training motivasi spiritual dengan narasumber Ust. Puji Hartono, BBA (Pengasuh Pesantren Masyarakat Jogja). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pejabat kampus UIN Sunan Kalijaga dan sivitas akademik fakultas Saintek, pegawai mutasi dan tamu keluarga besar fakultas Sains dan Teknologi. (Ch-DN/Humas)