Pemilihan Calon Dekan dan Direktur Pascasarjana Masa Jabatan 2015 – 2019

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta saat ini sedang menyelenggarakan Pemilihan Calon Dekan dan Direktur Pascasarjana untuk masa jabatan 2015-2019. Setelah selesai proses seleksi Calon Wakil Rektor, dengan telah dilantiknya ketiga Wakil Rektor baru UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada tanggal 6 Fabruari 2015, maka langsung dibentuk Panitia Pemilihan Dekan dan Direktur Pascasarjana. Panitia Pemilihan (selanjutnya disebut dengan Panlih) ini hampir sama dengan Pansel Warek lalu, yaitu diketuai oleh Dr. Sri Wahyuni, M.Ag., M.Hum dan terdiri dari perwakilan semua fakultas di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Adapun agenda Panlih Calon Dekan dan Direktur Pascasarjana untuk masa jabatan 2015-2019 sebagai berikut: 1) Tanggal 17 – 23 Februari 2015 Pengumuman dan Sosialisasi; 2) Tanggal 18, 20 & 23 Februari 2015 Pendaftaran dan Penerimaan Berkas; 3) Tanggal 24 – 25 Februari 2015 untuk Verifikasi Berkas Administrasi; 4) Tanggal 26 Februari 2015 Seleksi Berkas Administrasi; 5) Tanggal 27 Februari 2015 Pengumuman hasil seleksi berkas; 6) Tanggal 2 - 4 Maret 2015 Uji Kemampuan & Kepatutan melalui Pembahasan visi misi kepemimpinan dan program peningkatan mutu; dan 7) Tanggal 5 Maret 2015 Penyampaian Hasil Pemilihan.

Pemilihan Dekan kali ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya, dikarenakan pemilihan kali ini dilaksanakan serempak untuk 8 (delapan) Fakultas di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Model pemilihan Dekan kali ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Agama (PMA) RI No. 22 Tahun 2014 tentang Statuta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta jo Peraturan Menteri Agama RI No. 40 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Agama No. 22 Tahun 2014 tentang Statuta UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. PMA No.22 tahun 2014 Pasal 29 tentang Statuta UIN Sunan Kalijaga merupakan payung hukum pelaksanaan Panlih yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Keputusan Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta No. 9 Tahun 2015 tentang Tatacara Pemilihan Calon Dekan dan Direktur Pascasarjana di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Syarat-syarat Calon Dekan yaitu 1) Berstatus PNS; 2) Beragama Islam dan berakhlak mulia; 3) Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun; 4) Lulusan Program Doktor (S-3); 5) Memangku jabatan fungsional paling rendah Lektor Kepala; 6) Pernah memangku jabatan tambahan sebagai Wakil Rektor/Ketua Lembaga/Sekretaris Lembaga/Kepala Pusat pada Lembaga/Wakil Dekan/Ketua Jurusan pada Universitas baik di dalam maupun luar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; 7) Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah; 8) Bersedia dicalonkan/mencalonkan diri untuk menjadi Dekan di 1 (satu) fakultas tertentu, 9) Menyerahkan Pernyataan Tertulis meliputi : a) Visi dan Misi Kepemimpinan yang mendukung visi dan misi Rektor; b) Program Peningkatan Mutu Fakultas selama 4 (empat) tahun, meliputi : 1)) Peningkatan kreatifitas, prestasi, dan akhlak mulia mahasiswa; 2)) Penciptaan suasana kampus yang asri, religius, dan ilmiah; 3)) Peningkatan kualitas dosen dan staf; 4)) Pelaksanaan efektifitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas program; 5)) Peningkatan mutu akademik, penelitian, dan pengabdian masyarakat; dan 10) Tidak menjabat dua kali masa jabatan berturut-turut, serta ditambah persyaratan administrative sebagai berikut: 1) Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar; 2) Daftar Riwayat Hidup lengkap / Curriculum Vitae; 3) Surat Pernyataan mengundurkan diri dari jabatan yang tidak boleh dirangkap oleh Dekan apabila terpilih sebagai Dekan (dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai); dan 4) Surat Pernyataan Kesediaan berdomisili di Yogyakarta.

Adapun persyaratan untuk Calon Direktur Pascasarjana yaitu 1) Berstatus PNS; 2) Beragama Islam dan berakhlak mulia; 3) Berusia paling tinggi 60 (enam puluh) tahun pada saat mendaftar; 4) Lulusan Program Doktor (S-3); 5) Memiliki jabatan fungsional Guru Besar; 6) Pernah memangku jabatan tambahan sebagai Wakil Rektor/Ketua Lembaga/ Dekan/ Wakil Dekan di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; 7) Sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter pemerintah; 8) Bersedia dicalonkan/ mencalonkan diri untuk menjadi Direktur Pascasarjana, 9) Menyerahkan Pernyataan Tertulis meliputi : a) Visi dan Misi Kepemimpinan yang mendukung visi dan misi Rektor; b) Program Peningkatan Mutu Pascasarjana selama 4 tahun, meliputi : 1)) Pengembangan keilmuan berparadigma integrasi-interkoneksi; 2)) Peningkatan kreatifitas, prestasi, dan akhlak mulia mahasiswa; 3)) Penciptaan suasana kampus yang asri, religius, dan ilmiah; 4)) Peningkatan kualitas dosen dan staf; serta 5)) Pelaksanaan efektifitas, efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas program; dan 10) Tidak menjabat dua kali masa jabatan berturut-turut, serta ditambah persyaratan administrative sebagai berikut: 1) Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar; 2) Daftar Riwayat Hidup lengkap / Curriculum Vitae; 3) Surat Pernyataan mengundurkan diri dari jabatan yang tidak boleh dirangkap oleh Direktur apabila terpilih sebagai Direktur (dibuktikan dengan surat pernyataan bermeterai); dan 4) Surat Pernyataan Kesediaan berdomisili di Yogyakarta. (Sri Wahyuni)