Serah Terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga

ketua Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga diserah-terimakan dari Ny.Hj.Muslihah Musa Asy’Arie selaku Ketua DWP UIN Sunan Kalijaga masa bakti sebelumnya, kepada Ketua yang baru Ny. Dra.Hj. Kuny Faizah Minhaji untuk masa bakti 2014-2019.

SERAH TERIMA KETUA DWP UIN SUNAN KALIJAGA

Rabu, 18 Maret 2015

Pergantian ketua suatu organinsasi adalah suatu proses dan dinamika dalam kegiatan berorganisasi. Dengan pergantian dan reorganisasi diharapkan akan mampu mempertahankan bahkan meningkatkan efektivitas kegiatan, termasuk dalam organisasi Dharma Wanita Persatuan, demikian disampaikan Hj. Muslihah Musa Asy’ Arie pada sambutan serah terima Jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan yang berlangsung pada hari Rabu, 18 Maret 2015 bertempat di Rumah Makan Lestari Jl. Adisucipto Yogyakarta. Hadir pada acara tersebut seluruh Pengurus Dharma Wanita Persatuan dan ketua terpilih. ketua Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga diserah-terimakan dari Ny.Hj.Muslihah Musa Asy’Arie selaku Ketua DWP UIN Sunan Kalijaga masa bakti sebelumnya, kepada Ketua yang baru Ny. Dra.Hj. Kuny Faizah Minhaji untuk masa bakti 2014-2019.

Lebih lanjut, Hj. Muslihah menyampaikan bahwa Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga sebagai sebuah organisasi sosial kemasyarakatan merupakan wadah untuk membina para istri Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dengan tujuan untuk mensejahterakan anggota dan keluarganya melalui berbagai kegiatan, baik dibidang pendidikan, ekonomi maupun sosial budaya. Dharma Wanita Persatuan UIN Sunan Kalijaga telah melaksanakan berbagai program kegiatan yang dijabarkan dari visi dan misi organisasi.

Program kerja di bidang pendidikan; DWP UIN Sunan Kalijaga mengelola RA DWP dilingkungan UIN Sunan Kalijaga dan berkembang hingga sekarang, bidang Ekonomi; DWP UIN mengelola usaha Kantin DWP, serta program bidang sosial budayanya DWP juga mengelola PAUD GRIYA NANDA.

Dalam program kerjanya DWP UIN melaksanakan kegiatannya antara lain adalah: 1) mengadakan Training Manajemen Organisasi I dan II, 2) mengadakan kunjungan untuk menjalin silaturrahim kepada para sesepuh mantan pejabat di lingkungan UIN Sunan Kalijaga,3) mengadakan pemberian bingkisan Ramadhan kepada karyawan golongan II ke bawah di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta; pada tahun 2012, 2013 dan tahun 2014. 4) mengadakan Seminar “Mengenali Perkembangan Emosi dan Problematika Remaja di Era Global”. 5) mengadakan WorkShop “Kewirausahaan” untuk para anggotanya di Lingkungan UIN Sunan Kalijaga, 6) mengadakan Kunjungan dan memberikan Tali Asih ke berbagai Panti Asuhan, yaitu Panti Asuhan “Diponegoro” di Sleman, Panti Asuhan “Yapitu” di Piyungan Bantul dan Panti Asuhan “Apida” di Jepara. 7) Memberikan bantuan pembangunan Masjid daerah Pakem, 8) Mengadakan pelatihan kursus membatik dan membuat kue, 9) Membentuk grup Hadroh DWP UIN, 10) Memperingati Hari Kartini 21 April 2014 berkerjasama dengan PSW. dengan mengadakan TalkShow; tema “Perlindungan Hak-hak Perempuan dalam Hukum dan HAM”, 11) Aktif berpartisipasi di dalam berbagai kegiatan yang diadakan DWP DIY, 12) Memperingati Hari Ibu dengan tema “Peran Seorang Ibu dalam Mendidik dan Menyiapkan Generasi Penerus yang Cerdas dan Berakhlak Mulia”. Dan lain sebagainya.

Kegiatan berkesan yang telah dilaksanakan DWP UINSunan Kalijaga, selain program-program yang telah dilaksanakan tersebut, adalah kegiatan menjalin silaturrahim kepada para sesepuh organisasi maupun dengan para pensiunan yang pernah mengabdi di UIN. Kegiatan semacam itu memang tidak menjadi tugas prioritas UIN, apalagi mengingat makin banyak, perhatian dan kiprah DWP dalam “ngaruhke” para sesepuh dan para mantan pegawai di lingkungan UIN Sunan Kalijaga. Adalah merupakan luapan kebahagiaan tersendiri bagi mereka yang dikunjungi,ketika sekian lama pernah mengabdi di UIN dan telah kembali dimasyarakat, kemudian tiba-tiba dikunjungi dan disapa sebagai keluarga besar UIN Sunan Kalijaga, dan selanjutnya kegiatan ini harus tetap senantiasa dibudayakan. (by:Sekretaris DWPUINSUKA, Hj.Nurlaini, S.Ag.).