Kejuaraan Taekwondo Antar Fakultas Se UIN Sunan Kalijaga

UKM Taekwondo UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Kejuaraan Poomse dan Kyoruki Taekwondo antar Fakultas pada hari Sabtu tanggal 14 Maret 2015 mulai jam 07.30-17.30 WIB yang bertempat di Hall Student Center kampus setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk dan mengembangkan potensi atlet dalam bidang olahraga beladiri. “Pembinaan olahraga khususnya di Perguruan Tinggi yang selama ini telah dibina perlu secara intensif ditingkatkan lagi, karena Perguruan Tinggi merupakan tempat yang strategis dalam pembinaan para atlet mahasiswa, dimana usia tersebut sedang pada tahap usia puncak prestasi. Pembinaan yang dilakukan perlu pula dilakukan evaluasi, yang meliputi kondisi fisik (teknik dan stamina) dan psikologis (taktik dan mental) para atlet. Bertanding merupakan suatu langkah alternatif yang effektif untuk mengetahui perkembangan atlet. Kuantitas dan kualitas pertandingan menjadi salah satu parameter perkembangan,” kata Aris Risdiana selaku Pembina Taekwondo UIN Sunan Kalijaga.

Menurut dia, pembibitan atlet Poomse dan Kyoruki sejak dini dengan harapan mampu berprestasi pada jenjang yang lebih tinggi. Meningkatkan kemampuan bertanding dan sportivitas para anggota Taekwondoin.

Hasil kejuaran tersebut didapat atlet terbaik 2015, diantaranya: Muhammad Solikhin Prodi Pendidikan Matematika atlet terbaik Kyoruki Putra, Luluk Maknunah prodi Manajemen Pendidikan Islam prestasi atlet terbaik Kyoruki Putri, Muhammad Zahrudin Sahri prodi Keuangan Islam atlet terbaik Poomsae Putra, Azmi prodi Muamalat atlet Terbaik Poomsae Putri.

“Harapan dari kegiatan ini adalah Taekwondo UIN Sunan Kalijaga bukan hanya bisa berkiprah di dalam kampus setempat akan tetapi bagaimana para atlet Taekwondoin mampu bersaing diluar tentunya perlu ada dukungan dari semua civitas akademika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,” kata Ageng Asmara Sani selaku Ketua UKM Taekwondo UIN Sunan Kalijaga.**uDin-Humas