Memperingati Milad 30 tahun, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Melounching Buku “Mengenal Para Pemimpin Pascasarjana”

Memperingati Milad 30 tahun,Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga melouncing dan bedah buku “Mengenal Para Pemimpin Pascasarjana”, bertempat di Convention Hall, kampus UIN Sunan Kalijaga, Kamis, 23 April 2015. Forum ini dihadiri para mantan direktur Pascasarjana (yang menjadi topik dalam buku ini dan sekaligus menjadi topik pembahasan dalam forum ini). para guru besar yang mengajar di Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, dan segenap mahasiswa Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga. Mereka yang pernah memimpin Program pascasarjana UIN Sunan Kalijaga antara Prof. Drs. Zaini Dahlan, MA., Prof. Dr. Hj. Zakiah Daradjat, Prof. Dr. H. Nourouzzaman Shiddiqi, MA, Prof. Dr. Atho Mudzhar, MSPD., Prof. Dr. H. Faisal Ismail, MA., Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie, Prof. Dr. H. Machasin, Prof. Dr. H. Iskandar Zulkarnain, dan Prof. Dr. Khoiruddin Nasution.

Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Noorhaidi Hasan, Ph.D., yang hadir dalam forum tersebut menyampaikan bahwa, buku yang merupakan kumpulan tulisan dari para akademisi UIN Sunan Kalijaga, yakni : Al makin, Alim Ruswantoro, Agus Nuryatno, Ibnu Burdah, Fahruddin Faiz, Hamdan Daulay, Nurul Hak, Ali Sodiqin, Ridwan, Nurdin Zuhdi, dan diterbitkan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini, berisi tentang biografi para Direktur Pascasarjana, karier akademiknya, pemikirannya, idealismenya, kerja kerasnya dan terobosannya dalam mengembangkan Pascasarjana, dan kekhasan gaya kepemimpinan masing-masing. Dengan membaca dan memahami buku ini diharapkan, bisa belajar banyak bagaimana administrasi, gaya pengarahan dan membimbing mereka dalam berkarya bersama Pascasarjana. Pascasarjana sebagai lembaga yang penting bagi pengembangan keilmuan, networking dan garda depan dalam upaya internasionalisasi keilmuan UIN Sunan Kalijaga dalam kancah globalisasi tentunya. Juga berguna bagi pemimpin masa kini dan masa depan agar mencontoh mereka untuk menjadi pemimpin yang bijak, demikian harap Noorhaidi.

Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Drs. H. Akh. Minhaji, yang hadir dalam forum ini menyampaikan, penulisan dan dokumentasi seperti ini diperlukan sekali sebagai upaya pewarisan sejarah, bagaimana para pemimpin itu telah memajukan dimasa lalu. Di masa mendatanng para pemimpin bisa belajar banyak dari mereka. Jika ada yang bisa dilanjutkan, tentunya bisa dilestarikan berupa gagasan, langkah dan visi. Jika perlu kemajuan dan perubahan hendaknya juga bisa dilihat dari sejarah melalui pemahaman buku ini. Telah banyak perubahan, langkah, dan gagasan terjadi di kampus UIN Sunan Kalijaga. Terutama di Pascasarjana. Maka gagasan penulisan buku ini perlu ditindaklanjuti lagi, supaya sejarah tidak melupakan apa yang telah diperjuangan oleh para pemimpin kampus ini di masa lalu, demikian tegas MInhaji. (Weni Hidayati-Humas UIN Sunan Kalijaga).