A Path to International Collaboration: Mahasiswa UIN Suka goes to USA, Hongkong, dan Srilanka.

SANTA CLARA , CA - Mozilla Summit merupakan pertemuan rutin yang diadakan Mozilla Foundation guna mengumpulkan para kontributor dari seluruh dunia. Pada pertemuan itu para Mozillianz (Panggilan kontributor Mozilla) berdiskusi dan merumuskan strategi mengenai perkembangan teknologi khususnya Internet. Selain itu Mozilla Summit jadi ajang ngoprek (menulis kode) bersama bagi para engineer-engineer kontributor Mozilla.

Mozilla merupakan projects non-profit terbesar dalam bidang Internet. Banyak para praktisi dan ahli berkumpul dan berkontribusi di Mozilla. Brendan Eich, merupakan inisiator bahasa pemrogramman Javascript yang sekaligus menjadi CTO dari Mozilla Corporation. Bahasa pemrogramman dinamis yang ditulis untuk Web.

Mozilla Summit 2013 diselenggarakan di 3 lokasi, salah satunya Santa Clara, California. Pada kesempatan itu salah satu mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Aji Kisworo Mukti (@Cengkarux) ikut berpartisipasi dalam ajang pertemuan kontributor itu. Dia merupakan salah satu kontributor Mozilla Project dari Indonesia.

Aji Kisworo Mukti dan Brendan Eich

“Kemarin kami berdiskusi hal yang terlalu baru menurut saya, seperti HTML 5" Kata Aji, mengungkapkan begitu kagumnya pada pertemuan itu.

“Saya juga bertemu dengan orang Wikipedia bernama Amir Aharohi, dia menulis traditional script (Aksara) Bahasa Jawa untuk Firefox dan Wikipedia. Orang yahudi, bertempat tinggal di Yerrusalam. Dia kemarin berpesan untuk menyampaikan hal tersebut kepada orang Jawa disini.”

Mozilla Summit selanjutnya akan diselenggarakan tahun 2016. Melalui ajang seperti ini diharapkan pembaharuan tentang teknologi di UIN Sunan Kalijaga khususnya dan di Indonesia pada umumnya selalu beriringan dengan yang terjadi di Dunia, karena sebenarnya kita bisa menjadi bagian dari perkembangan teknologi itu sendiri.

UIN Sunan Kalijaga Goes to Hongkong

HONGKONG - Kelanjutan dari acara Blackberry Jam Camp yang diikuti oleh 11 mahasiswa Teknik Informatika pada 4 -5 Juli di Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat adalah terpilihnya 2 mahasiswa Teknik Informatika UIN Sunan Kalijaga untuk berangkat ke event lebih besar yaitu Blackberry Jam Asia di Hongkong.

Aplikasi MyFridge telah selesai dibuat oleh mahasiswa dari UIN Sunan Kalijaga yang dapat diunduh di BlackBerry World http://appworld.blackberry.com/webstore/content/34825889 melalui device blackberry Z10/Q10. Aplikasi ini telah meloloskan mereka dalam penilaian regional Indonesia. Pada akhirnya mereka berhak mendapatkan full tiket dan akomodasi ke event Blackberry Jam Asia di Hongkong, 27-29 September 2013.

BlackBerry Jam Asia kali ini diselenggarakan di Asia World Expo, Hongkong. Acara ini adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh BlackBerry sebagai dukungan bagi developer dan yang terlibat di pengembangan aplikasi BlackBerry. Mahasiswa UIN Sunan kalijaga Siska Restu Anggraeny Iskandar (@Siskarestu) dan Najib Abdillah (@Najib_Abdillah) dan didampingi dosen Aulia Faqih Rifa’i, M.Kom (@auliafaq) dari Teknik Informatika.

Dalam acara tersebut, UIN Sunan Kalijaga berkesempatan untuk memperluas jaringan dengan terhubung dengan beberapa kampus lainnya di Asia seperti Gordon College di Filipina, Berbincang dengan pengembang dari official blackberry serta berbincang santai dengan Vice President Developer Relation untuk BlackBerry yaitu Alec Saunders.

A Trophy From Sri Lanka

COLOMBO – Tim dari lendabook menerima award dari World Summit Youth Award dan menghadiri penyerahan award tersebut di Colombo, Sri Lanka pada tanggal 26 October 2013. Tim lendabook yang diwakili oleh Muhammad Iqbal (Universitas Indonesia), Yunus Kuntawi Aji (Alumni Universitas Indonesia), Ahmad Syarif Afandi (Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga), Sendy Aditya Suryana (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) dan Siska Restu Anggraeny Iskandar (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) bertolak dari Indonesia menuju Sri Lanka pada tanggal 22 Oktober 2013.

Lendabook menjadi salah satu winner dari kategori Create Your Culture dengan tujuan mengembangkan budaya membaca di kalangan anak muda dengan cara menyediakan media sosial untuk saling pinjam-meminjamkan buku.

Selama di Colombo, lendabook mengikuti acara yang diselenggarakan oleh ICTA (Ideas Actioned Sri Lanka) sebagai penyelenggara acara, diantaranya acara pembukaan yang dihadiri Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa, presentasi dari delegasi World Summit Award, fishbowl dengan para pembicara, dan gala dinner beserta penyerahan award itu sendiri.

Dalam acara ini, team Lendabook berkesempatan bertemu dengan orang-orang sukses dalam techno-entrepreneurship dan berkesempatan mempromosikan project dan meninjau ulang seperti apa Business Model yang tepat agar project dapat berkesinambungan serta berkesempatan mendapat workshop yang nantinya akan berguna untuk melanjutkan project ini.

Berikut adalah daftar pemenang dari 6 kategori yang telah ditentukan:

  1. Fight Poverty, Hunger and Disease!
    - Yomken.com - Egypt
    - Diabetes.bh - Bahrain
    - Friends2Support.org - India
  2. Education for All!
    - The LISTA Initiative - Serbia
    - Callenge: Youth - Slovenia
    - iScuela - India
  3. Power 2 Women!
    - Get Water! - Canada
    - Connecting for my health - Guatemala
    - The African Queens - Tanzania
  4. Create your Culture!
    - You Are What You Post - Mexico
    - Lendabook - Indonesia
    - Jerry Do It Together - France
  5. Go Green!
    - Viadedo - Paraguay
    - Book for Book - Greece
    - Wiithaa - France
  6. Pursue Truth!
    - B The media & Kalabash - Zimbabwe
    - Social Cops - India
    - YES AYV Creative Yout Media Project - Sri Lanka