40 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ikuti Pembinaan Penerima Beasiswa Bank Indonesia Yogyakarta

Nilai intelektualitas mahasiswa dapat menjadi pilar untuk mewujudkan masa depan bangsa. Mengingat hal itu, Bank Indonesia D.I.Yogyakarta mengadakan Bedah buku “ Understand-Inc People” Strategi Taktis Komunikasi berdasarkan Kepribadian dan Penyambutan GenBI DIY 2017 di Bangsal Mataram Bank Indonesia D.I. Yogyakarta, Selasa (30/5).

Kegiatan tersebut diikuti oleh komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia (Generasi Baru Indonesia/GenBI) wilayah Yogyakarta yang berasal dari 3 Universitas yang berbeda yaitu Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam pembinaan tersebut dihadiri oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia D.I.Yogyakarta Bapak Budi Hanoto dan Erwin Parengkuan, penulis buku Understand-Inc People.

Terkait isi bukunya, Erwin Parengkuan menjelaskan seorang komunikator yang baik harus memahami kepribadian lawan bicara sebelum memulai proses komunikasi. Sentuhan pribadi biasanya bisa membantu komunikasi berjalan efektif. Itulah mengapa seorang komunikator perlu mengetahui cara berhadapan dengan berbagai karakter orang yang berbeda.

Erwin membagi tipe kepribadian menjadi empat yakni Si Gesit, Si Kuat, Si Rinci dan Si Damai, yang masing-masing mewakili tipe kepribadian introvert (pasif) dan esktrovert (ekspresif).Berangkat dari keempat tipe itu, dia juga memaparkan sisi gelap dan terang (shadow dan sunny side) masing-masing tipe kepribadian yang dihubungkan dengan dunia karir.

Selain mengenali karakter orang lain, peserta juga diajak untuk mengenali karakter dirinya sendiri dengan membaca daftar penilaian dari keempat karakter tersebut. Dalam buku Understand-Inc juga terdapat berbagai tes psikologi atau kuis untuk menganalisa setiap tipe kepribadian.“Saya telah menyiapkan sebuah perangkat tes EPCP, sebagai perangkat evaluasi untuk mengetahui tipe kepribadian yang dimiliki seseorang” kata Erwin.

"Jadi, yang perlu kita lakukan bukanlah mengubah kepribadian, tetapi berusaha agar kepribadian kita selalu berada pada sisi positif. Caranya, meningkatkan sisi positif kepribadian, mengubah cara berpikir untuk menutupi sisi negatif menjadi perilaku positif," urai dia dalam bukunya.

GenBI merupakan kependekan dari Generasi Baru Indonesia. Mereka adalahpenerima beasiswa Bank Indonesia dari seluruh Indonesiadan sekaligusAgent of Changeuntuk Indonesia lebih baik. Dalam perjalanannya, GenBI D.I Yogyakarta selama 5 tahun tak lepas dari dukungan Bank Indonesia baik materiil atau moriil.(habib/humas)