Kemenag RI dan UIN Sunan Kalijaga Membuka Beasiswa Magister Bidang Interdisciplinary Islamic Studies.

Sesuai dengan misi Kementerian Agama Republik Indonesia meningkatkan akses dan kualitas pendidikan umum berciri agama, pendidikan agama pada satuan pendidikan umum, dan pendidikan keagamaan, Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Dirjen Pendis Kemenag RI dan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menyelenggarakan program beasiswa magister untuk bidang Interdisciplinary Islamic Studies.

Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Prof. Noorhaidi, S.Ag., M.A., M.Phil., Ph.D mengatakan tujuan program ini mencarifresh graduatesyang baru dan berbakat secara akademik, punya kemampuan bahasa yang kuat serta diproyeksikan untuk menempuh program S2 yang bagus. “Ibaratnya ini bibit unggul yang matang untuk bisa mengambil jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi” kata Noorhaidi.

Noorhaidi menambahkan kita berusaha memberikan pendidikan program magister yangexcellent. Penjaminan mutu yang baik tidak hanya artifisial sekadar administrasi saja, tersedianya dosen hebat dan bersemangat dengan metode pengajaran yang baik untuk mendidik serta mengajari mahasiswa. Mahasiswa diajari metode riset yang bagus dan bagaimana karya ilmiah yang baik.

“Dengan program ini otomatis mimpi untuk mendapatkan mahasiswa yang baik dan keren sudah di depan mata. Nanti tinggal melaksanakan pengajaran yang baik sehingga bibit unggul ini bisa meneruskan proses pengembangan Perguruan Tinggi Agama Islam di Indonesia” tutur Noorhaidi disela tes wawancara beasiswa di ruang Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Jum’at (28/7).

Program beasiswa S2 ini menawarkan beberapa konsentrasi studi yakni Hermeneutika Al-quran, Kajian Timur Tengah, Kajian Maqasid dan Analisis Strategik, Studi Disabilitas dan Pendidikan Inklusif, Islam dan Kajian Gender, serta Islam Pembangunan dan Kebijakan Publik.

Pembiayaan beasiswa hanya diberikan kepada 20 orang yang memenuhi persyaratan pendaftaran dan lolos semua tahap seleksi. Pendanaan ini mencakup Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP/tuition fee), biaya hidup ( living cost) dan dana penelitian tesis. (habib/humas UIN SUKA)