Wakil Rektor III Terima Kunjungan Rombongan UIN Alauddin Makassar

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Alauddin Makassar, Prof. Siti Aisyah, M.A., Ph.D. beserta rombongan mengunjungi kampus UIN Sunan Kalijaga. Lawatan ini dilaksanakan dalam rangka penguatan kapasitas kelembagaan kemahasiswaan.

Bertempat di ruang rapat lantai II gedung Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Kamis (10/8) rombongan diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sunan Kalijaga, Dr. H. Waryono, M.Ag., Kabiro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Drs. H. Maskul Haji, M.Pd., dan Kasubbag-Kasubbag di Bidang Kemahasiswaan.

Dalam kunjungan ini, rombongan UIN Alauddin Makassar ikut serta bersama Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dari hampir keseluruhan Fakultas, kepala bagian dan staf Bidang Kemahasiswaan, ketua dari 11 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), ketua Senat Mahasiswa, ketua Dewan Mahasiswa, dan ketua-ketua Lembaga Kegiatan Kemahasiswaan.

Prof. Aisyah menjelaskan pentingnya kegiatan ini dalam rangka memberikan pengalaman, keluasan wawasan, pandangan out of the box bagi calon-calon pemimpin masa depan ini."Mahasiswa-mahasiswa inilah yang akan menjadi tulang punggung masyarakat ke depan. Memang saat ini masih lugu-lugu, namun kita lihat beberapa tahun ke depan." kata Prof. Aisyah.

Prof. Aisyah mengaku bahwa kegiatan ini baru pertama kali dan diinisiasi oleh beliau sendiri. Karena beliau berkeyakinan bahwa dengan adanya indikator IKU yang harus mensyaratkan sesuatu, maka harus ada kegiatan yang mendukung untuk tercapainya indikator tersebut.

Usahanya tersebut sudah mulai terlihat dengan prestasi mahasiswa yang semakin meningkat, penurunan komplain dari mahasiswa, dan tentunya membaiknya citra universitas di mata masyarakat.

Dr. Waryono dalam kesempatan tersebut menyambut hangat rombongan dan menjelaskan mengenai keadaan bidang kemahasiswaan serta isu-isu terkini yang terkait. Bahasan utama adalah mengenai anggaran, transparansi anggaran, penegakan aturan, pengembangan kegiatan kemahasiswaan, dan pengelolaan beasiswa bidik misi.

Waryono mengatakan sebenarnya tidak kurang kami membangun dialog dengan mahasiswa. Saya mungkin dosen yang paling banyak memberi ke mahasiswa, komunikasi juga kami buka 24 jam. ,"Seperti pengajuan kegiatan, jika TOR-nya bagus, sesuai renstra, pasti kami setujui", terang Waryono menjawab pertanyaan mahasiswa UIN Alauddin Makassar dalam sesi tanya jawab.

Dalam kegiatan tersebut, rombongan berkesempatan melihat aktivitas mahasiswa di gedung Student Center, kampus timur UIN Sunan Kalijaga, didampingi Khoerul Anwar, S.Ag., M.A., Kasubbag Bina Bakat dan Minat Mahasiswa.(Nur/Kemahasiswaan-ch)