Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Ikuti Ekspedisi Nusantara Jaya 2017

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) tahun 2017. Kegiatan yang digelar oleh Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mengundang 3000 pemuda dari seluruh Indonesia untuk mengikuti ajang spektakuler ENJ 2017.

Perhelatan ini diselenggarakan sebagai aksi nyata untuk menuju Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. ENJ2017 menghadirkan Negara melalui para generasi muda bangsa dari Sabang sampai Merauke ke pulau-pulau terdepan, terpencil dan daerah perbatasan Indonesia untuk bersama membangun negeri.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UIN Sunan Kalijaga, Dr. H. Waryono, M.Ag. mengatakan kegiatan ini sebagai sangat penting secara normatif karena Indonesia mempunyai gugusan pulau yang banyak, sehingga upaya membangun masyarakat berkemajuan sekitar bisa terlaksana. “ kegiatan ini bisa menjadi landasan dan inisiasi UIN membangun fakultas dan kampus kemaritiman” kata Waryono saat memberi sambautan pelepasan Tim ENJ UIN Sunan Kalijaga.

Dr. Waryono resmi melepas keberangkatan Tim ENJ UIN Sunan Kalijaga di ruang rapat lantai 1 gedung Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, jumat siang(11/8). Kegiatan pelepasan secara simbolis dengan memakaikan topi biru ENJ disaksikan para Wakil Dekan-Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas, Kabag. Kemahasiswaan, Kasubbag. Bina Bakat dan Minat Mahasiswa, serta staf Bagian Kemahasiswaan.

Koordinator tim ENJ UIN Sunan Kalijaga Al Hafidz Wahyudi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam mengungkapkan dalamENJ 2017, para peserta akan melakukan kegiatan pelayaran dan kegiatan sosial kemasyarakatan di pulau Kangenan selama 10 hari. “ Program kegiatan akan diisi meliputi pembagian buku, pembagian pakaian, perlengkapan solat, dan peralatan sekolah” kata Hafidz.

Menurut Wahyudi mengikuti Tim Ekspedisi ini merupakan kebanggaan tersendiri karena bisa mengaplikasikan ilmu ke masyarakat secara langsung dan membawa nama baik UIN Sunan Kalijaga."Menurut kami, kegiatan ini mirip-mirip dengan KKN, dengan fokus maritim, sekitar pantai, dan pulau. Tujuan besarnya yaitu mendukung program pemerintah menjadikan Indoensia poros maritim dunia," terang Wahyudi pria kelahiran Banda Aceh ini.

Tim ENJ mahasiswa UIN Sunan Kalijaga terdiri atas 23 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakutlas Adab dan Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis islam serta Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Mereka telah melalui tahap seleksi, persiapan pemberangkatan. Tim akan berangkat ke Pulau Kangean dusun Batu Gulok desa Bilis-Bilis kecamatan Arjasa Jawa Timur Sabtu (12/8) besok dari Yogyakarta ke Banyuwangi dan akan diteruskan melalui perjalanan maritim yang masuk kabupaten Sumenep, Madura.

Berikut adalah nama mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang mengikuti ENJ 2017 Al Hafidz Wahyudi (FEBI), Arum Triasning Prastiwi (FAIB), Asyhari Amri (FDK), Atira (FEBI), Budi Haryadi (FISHUM), Febri Kurniawan (FEBI), Fira Kumala Sari (FST), Imra’atul Jamilah (FDK), Ismail Saifuddin Setiyobudi (FISHUM), Karina Isnaini Putri (FITK), Kharolin Hilda Amazona (FISHUM), Latifah Nurul Hidayati (FITK), Mawadhatul Asfah (FITK), Mei Dian Syaputra (FST), Moh. Habibi (FISHUM), Muhammad Al Faifho Awwal (FEBI), Muhammad Fadhul Mujahid (FITK), Musfingatun Sakinatul Fatimah (FISHUM), Nur Apriatun Nafisah (FST), Riski Ahmad Syarif (FDK), Sari Bulan (FITK), Taufan Febriyanto (FST) dan Zubas Muchlis Roofi’ul ‘Alam (FITK).

(Aini-Chabib/humas)