Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Raih Juara Esai Nasional

Prestasi gemilang kembali diraih oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Prestasi tersebut dicapai oleh Annas Rolli Muchlisin dari program studi Ilmu Alqur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga. Annas menjadi penulis esai terbaik dalam acara the 1st Santri Writer Summit 2017 yang diselenggarakan oleh komunitas Santri Nulis bekerja sama dengan Direktorat PD Pontren Kementerian Agama RI.

Konferensi Literasi Santri Nasional pertama ini dilaksanakan pada tanggal 27-29 Oktober di tiga lokasi yang berbeda, yaitu Saladdin Mansion Apartement, Gedung PSJ Universitas Indonesia, dan Beranda Depok Cafe. Terdapat 357 esai yang masuk ke email panitia, namun hanya 50 orang penulis esai terbaik yang diundang untuk mempresentasikan karyanya.

Setelah sesi presentasi dan tanya jawab selesai, esai Annas yang berjudul “Menangkal Radikalisme dengan Spiritualisme (Relevansi Islam Sufistik Merawat Perdamaian Dunia)” dipilih oleh dewan juri sebagai esai terbaik pertama. Annas pun mendapatkan hadiah utama yaitu tiket Pulang dan Pergi ke negara Singapura.

Selain Annas, mahasiswa UIN Sunan Kalijaga lainnya juga menyabet juara dalam ajang ini. Muhammad Rafi, mahasiswa program studi Ilmu Alqur’an dan Tafsir Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam, mendapat juara ketiga dengan esainya yang berjudul “Toleransi Islam dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika”. Dan menjadi kebanggaan tersendiri dalam kompetisi ini ada dua mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang mendapat juara.(Khoirul-Khabib/humas)