UKM PPS Cepedi Laksanakan Long March

25-26 Maret 2016 Unit Kegiatan Mahasiswa Perguruan Pencak Silat Cepedi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Melaksanakan Latihan alam dan Long March. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun dan telah dilaksanakan secara turun temurun semenjak berdirinya yaitu tahun 1970. Tradisi ini merupakan agenda wajib sebagai salah satu syarat bagi anggota UKM PPS Cepedi untuk mendapatkan sabuk yang tingkatnya lebih tinggi. Meskipun setiap tahun selalu dilaksanakan namun untuk tempat selalu berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan agar semakin menambah wawasan dan pengalaman bagi peserta. Kali ini latihan alam dan longmarch dilaksanakan di gunung pring, yaitu di area kompleks makam Kyai Raden Santri. “Dalam acara ini peserta yang mengikuti adalah mahasiswa yang mayoritas berada di tingkat sabuk putih dan hijau” ungkap irwan selaku ketua panitia.

Berangkat dari Kampus UIN Sunan Sunan Kalijaga pada jumat sore dengan upacara tradisi pembukaan khas PPS Cepedi. Dilanjutkan dengan sholat ashar berjamaah di masjid UIN kemudian peserta berangkat dengan menggunakan bus hingga ke tempat tujuan. Setibanya di lokasi peserta menunggu sejenak untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah hingga kemudian bersama-sama naik ke area kompleks makam untuk berziarah. “kita akan melaksanakan sholat isya berjamaah terlebih dahulu sehingga nanti setelah itu ada penjelasan tentang sejarah perjalanan hidup Kyai Raden Santri yang memiliki nama asli Pangeran Singasari” tutur Ibrahim selaku sie acara.

Keterangan dan napak tilas tentang sejarah riwayat hidup Pangeran Singasari dan silsilahnya di pimpin langsung oleh bapak Drs. M Kasturi Al-asady HR selaku ketua dewan pendekar sekaligus pendiri Perguruan Pencak Silat CEPEDI di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Setelah satu jam memberikan pengetahuan kepada peserta maka beliau melanjutkan memimpin untuk melaksanakan doa dan tahlil terhadap ahli kubur yang berada dikompleks makam gunung pring.

Setelah rangkaian acara di kompleks makam selesai maka tiba saatnya bagi peserta untuk melaksanakan long march. Jarak yang di tempuh kurang lebihnya 30 kilometer dari puncak gunung pring magelang hingga Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan berjalan kaki. Namun dalam perjalanan peserta disinggahkan ke masjid krapyak I untuk melaksanakan sholat tasbih dan istighotsah kemudian dilanjutkan olah pernapasan. Jam 01.30 dinihari peserta melanjutkan longmarch dengan di dampingi panitia hingga sampai ke tujuan.

Setibanya di kampus UIN sunan Kalijaga peserta disambut oleh bapak pendekar dan dilanjutkan upacara penutupan. “walaupun capek dan kaki pegal-pegal tapi kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Disamping mendapatkan wawasan dan pengalaman yang tidak kami dapatkan di bangku kuliah, kami juga jadi mengerti bagaimana menghadapi kondisi teman-teman ketika mereka sudah tidak sanggup lagi berjalan sehingga butuh istirahat sejenak. Kekompakan, kesabaran, ketabahan dan saling pengertian sangat diperlukan dalam latihan kali ini.” Ungkap aman, salah satu peserta Latihan alam dan long March. (Humas)