UIN Sunan Kalijaga Gelar Simaan Khotmil Qur'an

Masih terlalu pagi, beberapa mahasiswa masuk ke ruang lantai 1 gedung Prof. KH. Saifuddin Zuhri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, pada Selasa (12/12) lalu. Sebagian dari mereka membuka mushaf al-quran untuk menyimak mahasiswa lainnya yang membaca al-quran 30 juz bil ghoib. Lantunan surat pertama dan kedua membawa suasana kampus terasa sejuk dengan suara merdu dan tartil dari mahasiswa Divisi Tahfizh UKM JQH al-Mizan UIN Sunan Kalijaga.

Hari itu lantunan ayat suci menggema dari lantai satu sampai lantai tiga di gedung Rektorat. Ada sekitar 35 mahasiswa khafid dan khafidoh membaca alquran dan simaan secara bergantian dari berbagai fakultas di UIN Sunan Kalijaga. Meski kegiatan ini berlangsung pada jam kuliah, antusias peserta begitu tinggi terlihat pula ada pegawai yang ikut serta pada acara simaan ini yang bertemakan “Meraih Hidup yang Bermakna dengan Lebih Berdaya dan Berguna”.

Simaan kali ini merupakan kegiatan yang kali kedua. Sebelumnya, simaan seperti ini juga pernah dilaksanakan pada acara program UIN Sunan Kalijaga menghafal pada bulan April lalu. Simaan khatmil qur’an sebagai tindak lanjut dari program UIN Sunan kalijaga menghafal tersebut. Antusias dari berbagai pihak membuat kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Suasana khusuk pun mengawali acara simaan dengan pembukaan dan tawasul yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Waryono Abdul Ghofur., M.Ag. Ia mengatakan semangat menghafal al-Qur’an di kalangan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga perlu ditingkatkan. “ Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendoakan seluruh elemen dalam civitas akademika UIN Sunan Kalijaga ini dari mulai Rektor dan wakil Rektor, staf karwayan, dan mahasiswa agar selalu di berikan kesehatan dan di mudahkan dalam segala urusan” kata Waryono.

“Tidak hanya itu, simaan khatmil Qur’an ini juga diadakan untuk bersama mendoakan kesuksesan dan kelancaran mahasiswa dalam menghadapi Ujian Akhir Semester (UAS) yang sebentar lagi akan berlangsung di kampus UIN Sunan Kalijaga” tutur Waryono.

Kegiatan tahfidul qur’an ini dilaksanakan sebanyak dua kali khatam al-quran. Dua khataman ini dibantu oleh para mahasiswa penerima beasiswa Tahfizh Lazis Bank Syariah Mandiri yang membuat satu halaqah tambahan dengan pembagian juz yang merata untuk dibaca bersama hingga selesai.

Acara simaan selesai pada sore hari, dan ditutup langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. H. Waryono Abdul Ghofur., M.Ag., dengan pembacaan tahlil dan doa bersama. Harapan dari acara ini sebagai kegiatan posistif yang bisa digelar terus menerus dan berkelanjutan agar semakin menumbuhkan rasa kecintaan kita terhadap al-quran. (text: Khabib/ Foto: DoniTW-humas)