Mahasiswa Pendidikan Matematika Raih Juara 1 Nasional, Pengembangan Aplikasi Edukasi Berbasis Android

Perkembangan teknologi kian pesat di semua lini kehidupan. Oleh karenanya, dalam menyikapinya khususnya pada ranah pendidikan perlu adanya pemanfaatan kecanggihan teknologi yang diintegrasikan dengan konten edukasi. Salah satunya dengan pengembangan aplikasi edukasi berbasis android sebagai media pembelajaran. Mengemas materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan peserta didik yang dibuat oleh pendidik dalam bentuk aplikasi edukasi dan game. Pengembangan aplikasi edukasi berbasis android diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan matematis dan pemahaman konsep. Mengingat peserta didik saat ini berada pada era digital dan pendidik harus menyadari bahwa pendidikan dan teknologi harus berjalan beriringan.

Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi terus melakukan pengembangan aplikasi teknologi dalam rangka menciptakan pembelajaran yang efisien dan efektif. Hasilnya, banyak mahasiswa di fakultas ini yang berhasil menenangkan kompetisi bidang pengembangan edukasi. Baru-baru ini, 3 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (Amnia Salma, Fachrun Chaerunnissa dan Fathiyah) yang tergabung dalam AFF Team berhasil menjadi juara I di tingkat nasional dalam Pengembangan Aplikasi Edukasi Berbasis Adroid di ajang MODTION 2017, di Bandung.

Di temui di kampusnya, baru-baru ini, Amnia bersama didampingi 2 rekannya dan Sekprodi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Suparni, S.Pd., M.Pd. menjelaskan, ajang MODTION (Mobile Application Development Competition) diselenggarakan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada bulan November sampai dengan Desember 2017. Tema yang diusung dalam kompetisi ini ialah; Solusi Aplikasi Pendidikan untuk Meningkatkan Minat dalam Belajar. Seperti yang kita ketahui, pendidikan merupakan pilar bangsa. Oleh karena itu pendidikan, menjadi hal yang sangat penting dalam kemajuan suatu bangsa, kata Amnia.

Menurut Amnia, Mereka bertiga mengembangkan aplikasi edukasi SENJATA (Semangat Belajar Bidang Datar) yang memuat konten materi bidang datar matematika kelas VII tingkat SMP/MTs/sederajat. Materi bidang datar. Aplikasi ini dikhususkan pada bidang datar segi empat. Aplikasi ini dilengkapi materi pembelajaran, apersepsi, evaluasi, game dan FAQ (forum answer and question). Aplikasi SENJATA dikemas sebagai aplikasi edukasi berbasis android yang mudah digunakan kapanpun dan dimanapun.

Pelaksanaan MODTION ini dibagi ke dalam 3 tahap yaitu: tahap penyisihan proposal, tahap penyisihan aplikasi dan yang terakhir tahap presentasi. Aplikasi SENJATA karya AFF Team dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta berhasil meraih juara 1 pada ajang MODTION 2017, disusul oleh tim BEGN3 dari UNIKOM Bandung dengan nama Aplikasi Ngoding Andro sebagai runner up dan Tim Restek’17 dari IBI STIKOM Surabaya dengan nama aplikasi Hati Pahlawan meraih juara 3.

Guna menjawab tantangan zaman, sudah sepatutnya pendidik harus mampu menguasai materi pembelajaran dan juga perkembangan teknologi untuk selanjutnya memanfaatkannya dalam mendidik tunas bangsa. Ajang-ajang kompetisi sepertiajang MODTION ini diharapkan mampu memotivasi para pendidk untuk go digital. Pihaknya akan terus memotivasi semua mahasiswanya untuk giat melakukan inovasi-inovasi dan mengikuti ajang kompetisi. Agar setelah lulus benar benar mampu menjadi pendidik yang mumpuni, tambah Suparni (Weni/ Doni TW-Humas).