Karya Riset Doktoral Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Pemahaman Nilai2 Agama Masyarakat Sangat Berpengaruh Bagi Peningkatan Pengguna Bank Syari’ah

Pada dekade lima tahun terakhir ini, pengembangan lembaga-lembaga keuangan syari’ah (khususnya Bank Syari’ah) terus mengalami peningkatan. Masyarakat Muslim pengguna Bank Syari’ah juga terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Untuk bisa terus melakukan pengembangan Bank Syariah dengan baik perlu dipahami faktor faktor yang berpengaruh positif terhadap semakin berkembangnya Bank Syari’ah dan semakin meningkatnya jumlah masyarakat Muslim pengguna Bank Syari’ah. Wakil Dekan Bidang Kemahasuiswaan dan Kerjasama, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Salatiga, Muchlasin, M. Ag., (47 tahun) melakukan riset tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pengguna Bank Syari’ah.

Hasil penelitian Putra kelahiran Temanggung yang mengangkat judul “Peran Fatwa Haram Bunga Bank terhadap Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Nasabah Muslim Bank Syari’ah” ini dipresentasikan sebagai karya disertasi untuk memperoleh gelar Doktor Bidang Ekonomi Islam pada Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, bertempat di ruang promosi gedung Pascasarjana kampus setempat, Selasa, 30/1/18.

Di hadapan para Promotor (Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, MA., dan Dr. H. Syafiq Mahmadah Hanafi, M. Ag.), tim Penguji (Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., AK, Prof. Dr. H. Abd. Salam Arief, Dr. Fosa Sarassina, Prof. Dr. M. Suyanto, M.M.), serta pimpinan/sekretaris sidang promosi, Prof. Dr. H. Siswanto Masruri, dan Dr. Phil Sahiron Syamduddin, promovendus memaparkan, melalui penelitian survey terhadap masyarakat Muslim wilayah DIY, dengan pendekatan kuantitatif dan pengujian hipotetis dapat diungkap bahwa; 1. Kepuasan masyarakat terhadap fasilitas dan pelayanan Bank syari’ah tidak berpengaruh langsung terhadap keinginan menggunakan produk bank syari’ah bagi nasabah Muslim DIY. 2. Variabel kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap keinginan nasabah menggunakan produk bank syari’ah. 3. Variabel motif agama berpengaruh positif signifikan terhadap keinginan nasabah menggunakan produk bank syari’ah. Bahkan paling berpengaruh terhadap perilaku nasabah untuk memilih menggunakan produk bank syari’ah. 4. Variabel pengetahuan fatwa haram bunga bank tidak berpengaruh terhadap keinginan nasabah menggunakan produk bank syari’ah. 5. Fatwa haram bunga bank mampu memperkuat hubungan variabel kepuasan dan kepercayaan nasabah terhadap keinginan menggunakan produk bank syari’ah. 6. Variabel pengetahuan fatwa haram bunga bank mempu memperkuat hubungan variabel motif agama terhadap keinginan nasabah menggunakan produk perbankan syari’ah.

Menurut Promovendus, dari temuan karya disertasinya dapat mengukuhkan hipotesanya bahwa, motif agama masyarakat Muslim sangat berpengaruh terhadap keinginan menggunakan perbankan syari’ah. Itu artinya, semakin tinggi pemahaman masyarakat terhadap ajaran dan nilai-nilai keislaman, maka akan semakin kuat pula sikap mereka untuk menggunakan produk-produk perbankan syari’ah.

Dari temuan karya Disertasinya ini Promovendus berharap, untuk memacu semakin tingginya pengguna produk-produk bank syariah, manajemen perbangkan syariah hendaknya melibatkan para tokoh agama dalam upaya mensosialisasikan pengetahuan fatwa haram bunga bank yang menjadi dasar bagi produk-produk bank syariah. Sementara, realitas di lapangan yang menunjukkan data bahwa 75% nasabah bank syari’ah ternyata memiliki rekening juga di bank konvensional. Untuk mengubah sikap nasabah agar menyukai produk-produk bank syari’ah dan akhirnya memutuskan beralih menjadi nasabah bank syari’ah, maka perbankan syari’ah harus sensitif terhadap kebutuhan nasabah. Untuk nasabah usia muda yang nota bene disebut sebagai generasi milineal (memiliki karakteristik serba praktis), perbankan syari’ah harusnya lebih kreatif dalam memberikan layanan maupun menciptakan produk-produng yang unggul dibanding produk bank konvensional, demikian papar Bapak 2 putra dari istri Dr. Rika Astari, MA. (Weni/Doni-Humas UIN Suka).