Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Juara Debat Bahasa Arab Dan Qiroatul Kutub

Mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali menorehkan prestasi tingkat nasional. Mereka adalah Mohammad Qazwaeni, Mohammad Dzulkifli dan Zainur Ridho yang berjaya pada acara Semarak Apresiasi Khazanah Arab (SAHARA) 2018, Senin-Kamis(5-8/3) kemarin.

Mohammad Dzulkifli dan timnya berhasil menjadi juara 2 pada cabang debat bahasa arab kompetisi SAHARA, serta Farobi kontingen mahasiswaProdi Siyasah/Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga yang berhasil menyabet juara 3pada cabang Musabakoh Qiroatul Kutub dan Puisi.

Kompetisi SAHARA yang diselenggarakan oleh mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang mengangkat tema besar yaitu revitalisasi eksistensi bahasa Arab dalam nilai pendidikan dan seni upaya terwujudnya mahasiswa yang produktif, diikuti sekitar 652 peserta dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Menurut Dzulkifli untuk mengikuti kompetisi debat ini timnya difasilitasi oleh Fakultas dan jurusan. Persiapan materi dan argumen dibina oleh Dr. Ibnu Burdah, M.A serta Umi Nurun Ni’mah, M.Hum, kemudian kami juga ada kelompok kelas debat bahasa Arab untuk sharing bersama.”Jika akan mengikuti lomba biasanya kami berlatih di malam hari” kata Dzulkifli.

“Dengan mengikuti lomba debat kita bisa mendapat berbagai ilmu dan menjalin relasi dengan kampus lain. Kemudian melatih keterampilan penggunaan bahasa Arab, dan mengasah sejauh mana kemampuan di bidang ilmu bahasa Arab. Ketika juara nama kampus juga ikut terangkat” tambah Dzulkifli.

Dzulkifli berharap agar kita bisa meingkatkan prestasi di bidangnya dan selalu optimis bahwa mahasiswa UIN Sunan Kaliijaga bisa lebih baik dari mahasiswa kampus lain. Dzulkifli dan dua temannya juga pernah mengikuti UNISI Arabic Debating Championship (UADC) 2018 yang merupakan kompetisi Debat Bahasa Arab terbesar di Indonesia yang di adakan oleh UII, tim mereka berhasil sampai ke perempat final. (Khabib/humas)