Dua Piala Untuk Kontingen UIN Sunan Kalijaga pada PW XIII di Kendari

UIN Sunan Kalijaga dalam PW PTK ke 13 Tahun ini mengirimkan kontingen 8 Putra dan 8 Putri dan di dampingi masing-masing 1 Pembina Putra dan Putri.

Peserta UIN Sunan Kalijaga berpartisipasi aktif semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia sejak tanggal 14 sd penutupan tanggal 22 Mei 2016.

Dari beberapa kegiatan pada PW XII tahun ini UIN Sunan Kalijaga menyabet 2 Piala yaitu pada Pentas Seni menyabet Juara 2 dan Masakan Nusantara pada no yang sama yaitu juara 2. Pada tahun ini hanya 4 Kategori yang masuk dalam lomba.

Pada sambutan penutupan Direktur Diktis Prof Amsal Bachtiar mengatakan bahwa Gerakan Pramuka di lingkungan PTK menjadi sebuah keniscayaan serta merupakan ikhtiar strategis untuk mewujudkan PTKI sebagai center of excellence.

Perkemahan ini banyak memotivasi dan menginspirasi Peserta, Bina Damping dan Pimpinan Kontingen untuk membangun karakter dan budaya bangsa yang unggul, siap bersaing di era global dan merawat kebhinekaan dan peneguhan komitmen pada NKRI,

PW PTK mampu menjadi ajang para peserta, pembina, pendamping untuk tidak saja saling mengenal dan memahami, tapi juga bekerjasama membangun harmoni, mengolah potensi dan prestasi, serta asyik dengan bhakti. Di hadapan ribuan peserta PW PTK dari dalam dan luar negeri, Amsal menegaskan tekad dan komitmennya untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Pendidikan Islam Dunia.

Sedangkan pada Sambutan Rektor IAIN Kendari, Nur Alim menyatakan, PW PTK ke-13 ini diikuti oleh 61 kontingen dari perguruan tinggi dengan jumlah 1.867 peserta. 55 kontingen dari PTKIN dengan jumlah peserta 1.362. Perguruan tinggi keagamaan non Islam ada empat kontingen, dengan jumlah peserta 7 mahasiswa. Tiga kontingen dari perguruan tinggi lokal Sultra dengan jumlah 99 mahasiswa, dan ada 11 mahasiswa asing dari 6 negara yang sedang menuntut ilmu di PTKIN. “Mereka berasal dari Afganistan, Brunei Darussalam, Jepang, Madagaskar, Malaysia, Russia dan Thailand,” terang Nur Alim.

“Selain itu, ada pula 25 kontingan ambalan dari SMA/K/MA yang berjumlah 196 peserta,” tambahnya.

Perkemahan Wirakarya Tahun ini memang berbeda dengan PW sebelumnya, karena melibatkan PTA Non Musdlim dan melibatkan mahasiswa asing.

Penyambutan kedatangan Kontingen UIN Sunan Kalijaga di sambut sejak di Bandara oleh panggota Racana yang tidak berangkat hal ini juga menunjukkan bahwa anggota Racana akan selalu Sali8ng mendukung untuk kemajuan Racana itu sendiri dan semoga kegiatan yang sama akan lebih meriah dan lebih berprestasi. (rtm).