Mahasiswa UIN Juarai Pimnas Tafsir Hadis se-Indonesia

Prestasi membanggakan diperoleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta di ajang lomba ditingkat nasional. Nafisatul Mu’awanah dan Muhammad Alwi HS Prodi Ilmu Al-Quran dan Tafsir fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam berhasil menjadi juara paper terbaik dalam acara Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional Tafsir Hadis (PIMNAS-TH) se-Indonesia, Kamis-Jum’at (17-18 /11) kemarin.

Kegiatan dengan grand tema Al-Qur'an, Hadits dan Patologi Islam diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Tafsir Hadis se-Indonesia (FKMTHI) yang berlangsung selama dua hari di UIN Walisanga Semarang. Acara ini diisi dengan Call for Paper, Paper Panel, Stadium General.

Hadir beberapa pembicara dalam acara Pimnas Prof KH Dr Nasaruddin Umar MA, Imam Besar Masjid Istiqlal sekaligus Mantan Wakil Menteri Agama RI; Waryono Abdul Ghofur (Pakar Tafsir UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta); dan Dr H M Muhsin Jamil MA (Pakar Tafsir UIN Walisongo Semarang).

Acara tersebut dibuka oleh Prof KH Nasarudin Umar, Imam Besar Masjid Istiqlal sekaligus sebagai pembina FKMTHI. Acara yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Tafsir Hadis se-Indonesia bertujuan untuk merespon penyakit masyarakat (patologi sosial) yang menjadi problem di negera ini, seperti: korupsi, radikalisme, terorisme dan lain sebagainya.

Pada proses lomba ada lima belas paper yang berhasil lolos seleksi dan berhak dipresentasikan di hadapan dewan juri. Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga merupakan penyumbang paper terbanyak. Dan hasil akhir penilaian dari dewan juri Nafisatul Mu’awanah berhasil sebagai nominasi paper dan presentator terbaik kategori Patologi Sosial, sementara Muhammad Alwi HS juara 1 paper tarbaik Kategori Korupsi.

Dalam makalahnya Nafisatul Mu’awanah mengajukan judul Realitas Keberagamaan Waria (Sebuah Sosiologi Pengetahuan atas Hadis-hadis Transgender dalam Forum Pengkajian Transgender di Pondok Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta), sementara paper Muhammad Alwi HS Analisis Hadis Tentang Sanksi atas Pelaku Tindakan Pungutan Liar serta Keterkaitannya dengan Tindak Pidana Korupsi.

Hasil yang cukup membanggakan bagi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk terus mengembangkan potensi-potensi dari para mahasiswanya. Mereka berdua berharap semoga prestasi yang didapatkan ini bisa ditiru oleh teman-teman yang lain untuk bisa turut mengharumkan nama kampus UIN Sunan Kalijaga dan bersama-sama turut andil menuju World Class Universty. (-ch/humas)