UKM JQH Al-Mizan Juarai Festival Hadroh Tingkat DIY

Satu prestasi Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam rangka melestarikan budaya Islam menyandang juara festival hadroh se-DIY dan Jateng. Tim yang tergabung dalam grup hadroh putri Al-Layyinah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jamiyyah Qurro Wal Hufazh (JQH) Al-Mizan, berhasil menyabet juara 1 pada festival hadroh Rebopungkasan 2016, di Wonokromo, Pleret, Bantul, Senin (28/11).

Festival hadroh yang diadakan oleh Pemeritah Desa Wonokromo dan Karang Taruna Sultan Agung 1, diikuti oleh 31 peserta grup hadroh. Diantara para peserta grup hadroh terbaik dan tersohor di Yogyakarta ikut andil seperti grup hadroh ababil dari pondok pesantren luqmaniyah dan elma dari pondok pesantren al-mahalli. Masing-masing peserta membawakan 2 lagu, yakni satu lagu wajib yang berjudul Sluku-Sluku Batok, dan 1 lagu bebas.

Personil grup hadroh Al-Layyinah Dewi Kholilatur Rahmawati mengatakan dengan kegigihan para personil yang terus berlatih selama sekitar 3 minggu, akhirnya berbuah manis. Selain dapat membawa pulang sebuah piala dan uang pembinaan sebesar Rp. 1.500.000, kami juga mampu memberikan penampilan yang mengagumkan baik dari segi aransemen lagu maupun vokal.

“Kami benar-benar tidak mengira bisa menjadi juara dalam perlombaan ini. Tim awalnya sempat merasa tidak percaya diri, karena aransemen sempat dirombak secara mendadak dan itu pun dua jam sebelum pentas. jadi dengan menjuarai perlombaan ini, kami sangat senang karena bisa membanggakan UKM JQH Al-Mizan khususnya dan UIN Sunan Kalijaga pada umumnya” kata Dewi jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir Hadist

“Sungguh luar biasa penampilan dari grup hadroh Al-Layyinah, dari segi arangsemen lagu yang apik dan tiada duanya, vokal yang dinamis, serta tabuhan yang apik, bisa memukau para juri, wajar bila Al-Layyinah bisa menjadi juaranya” ungkap Muhammad Hermawan salah satu dari dewan juri Festival hadroh Rebopungkasan.

Keberhasilan grup hadroh al-layyinah meraih juara 1 dalam festival hadroh tersebut, tidak lepas dari bimbingan dan pelatihan yang selama ini diberikan oleh UKM JQH Al-Mizan yang selama ini konsen terhadap musik-musik islami.(naila s-ch/humas)