Mahasiswa UIN Raih Gelar Aktor Terbaik Festifal Film Pendek 2016

Prestasi yang membanggakan diperoleh Suryadin Abdullah, Mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai pemeran utama dalam ajang Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia (FFPPKI) 2016. Pengharagaan tersebut diterimanya di di Taman Ismail Marzuki (TIM) XXI, Selasa (01/11) kemarin.

117 judul film mengikuti Festival Film Pendek Pemuda Kreatif Indonesia 2016. Dari seluruh Indonesia awalnya dipilih 10 film fiksi berdurasi 5-15 menit, kemudian dinilai oleh dewan juri dan menyisakan hanya 5 kategori film terbaik, dimana Film “Kesusu” yang dibintangi oleh Suryadin Abdullah memenangkan kategori aktor terbaik.

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda dan Olahraga juri Eny Budi Sri Haryani salah satu dewan juri mengatakan, kita berharap akan lebih banyak yang ikut kompetisi FFPPKI dari seluruh wilayah Indonesia. "Kami mengharapkan tahun depan akan lebih banyak lagi yang mengikuti festival film ini. Tahun ini merupakan yang pertama diadakan," kata Eny Budi Sri Haryani.

Suryadin Abdullah mahasiswa asal Lampung Timur ini sudah sangat terbiasa dalam berakting di depan kamera. Bakat tersebut ia peroleh karena aktif dalam UKM Teater ESKA. Hal ini terbukti beberapa film yang dibintanginya banyak mendapatkan penghargaan. Bahkan Film “Kesusu” sebelumnya juga menjadi Juara 2 dalam Police Movie Festival tahun 2016.

Film “Kesusu”, menceritakan seorang mahasiswa yang terburu-buru mengendarai motor dan melanggar lampu lalu lintas. Pada saat itu terlihat oleh polisi lalu lintas, dan ditangkap untuk diajukan sidang pelanggaran. Adegan-adegan humoris yang dapat membuat kita tersenyum, pelajaran simpatik serta disiplin terekam dalam film ini.

Suryadin mengatakan bahwa mahasiswa harus dapat mengembangkan potensi dirinya semaksimal mungkin dibidang yang diminatinya selain harus tetap mengikuti perkuliahan dengan sungguh-sunggu sehingga hardskill dan softskill di dapat semuanya. (gun-ch/humas)